logo

Bojomangu Jadi Wilayah Relokasi TPAS Burangkeng Setu?

Bojomangu Jadi Wilayah Relokasi TPAS Burangkeng Setu?

TPAS Burangkeng, Seru. (Foto: pojoksatu.com).
04 Juni 2020 00:13 WIB
Penulis : Dharma

SuaraKarya.id - CIKARANG: Beredar kabar jika Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi berencana akan merelokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Burangkeng, Kecamatan Setu ke wilayah Kecamatan Bojomangu. Benarkah rencana itu bakal direalisasikan pemerintah daerah setempat?

Berdasarkan informasi yang diterima suarakarya.id, akan ada pemindahan TPAS Burangkeng, Setu.

Kabarnya pula, investor asing dari China bakal menggarap proyek pengelolaan sampah dengan menggunakan teknologi canggih. 

Dari beredarnya kabar itu, kami menelusuri terkait lokasi yang akan dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun informasi yang didapat masih simpang siur terkait kepastian lokasinya.

Menanggapi kabar rencana relokasi TPAS Burangkeng, salah satu warga Bojongmangu, Rahmat Hidayat mengakui belum mengetahui adanya proyek pengelolaan sampah di wilayahnya. Namun begitu, Rahmat dan warga lainnya bakal menolak pembangunan TPAS.

"Saya sih tidak setuju, karena akan menimbulkan dampak yang negatif terhadap lingkungan sekitar meski dengan menggunakan alat yang canggih," ucapnya.

Rahmat juga mempertanyakan investor yang ingin mengelola TPAS Burangkeng. 

"Kalau memang ada investor yang mau mengolah sampah dengan teknologi canggih kenapa ngak dilakukan aja di TPAS yang sudah ada sekarang di Burangkeng," ujarnya.

Suarakarya.id telah meminta konfirrmasi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KaBuoaten Bekasi, Peno Suyatno terkait kabar relokasi itu. Namun sambungan telepon belum dijawab hingga berita ini diturunkan.

Diketahui, kondisi TPAS Burangkeng semakin penuh atau overload.

Adapun sampah-sampah yang datang di TPAS Burangkeng didominasi sampah rumah tangga seperti sofa rusak. Kasur rusak. Kayu-kayu, serta barang lainnya.

Sementara, status TPAS Burangkeng seluas 11 hektar. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto