logo

Sarjono Jhony Tijitrokusumo Dirut Transjakarta

Sarjono Jhony  Tijitrokusumo  Dirut Transjakarta

Sardjono Tijitrokusumo Direktur Utama.PT Transjakarta
29 Mei 2020 17:52 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempercayakan posisi Direktur Utama PT Transjakarta kepada Sardjono Jhony Tijitrokusumo. Sardjono adalah mantan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines.

Saat menjabat di perusahaan penerbangan ini mengalami kesulitan keuangan, sehingga operasional  perusahaan terganggu.

Terkait penunjukan Sardjono dibenarkan Sekretaris Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BPBUMD) DKI Jakarta Riyadi.

"Keputusannya dari RUPS (rapat umum pemegang saham) pada Rabu, 27 Mei 2020. Keputusan mengangkat Pak Sardjono Jhony Tjitrokusumo sebagai Direktur Utama PT Transjakarta," kata Riyadi saat dihubungi, Jumat (29/5/2020).

Jhony sendiri merupakan kandidat tunggal Direktur Utama PT Transjakarta. Terkait hal ini, Riyadi memastikan pengangkatan Jhony tak mengabaikan tahapan seleksi.

Sementara itu, Plt Dirut Transjakarta, Yoga Adiwinarto belum jelas posisinya. "Kebetulan ada satu kandidat cuma Pak Jhony, kemudian kita tes, dinyatakan lolos, ya sudah. Kalau enggak lolos kita cari yang lain," ucapnya.

Diketahui Jhony diangkat menggantikan Donny Andy Saragih yang dibatalkan pengangkatannya oleh Pemprov DKI pada 29 Januari lalu karena menyandang status terpidana kasus penipuan.

Menurut Riyadi, Jhony dianggap cocok menyandang jabatan di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. Sebab Jhony memiliki banyak pengalaman dalam bidang transportasi.

"Dia pernah menjadi pilot di Merpati, kemudian pernah jadi direktur di Angkasa Pura I. Yang jelaskan pengalamannya transportasi," ujar Riyadi.

Untuk informasi, Jhony pernah menjadi pilot di Merpati Airlines pada 1991 - 2004. Jhony lalu melanjutkan karier di Qatar Airways pada 2006-2007. Karier Jhony berlanjut di Etihad Airways sebagai pilot senior pada 2008. Jhony menjabat Direktur Hubungan Internasional dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura I pada 2017        

Editor : Gungde Ariwangsa SH