logo

Pesawat Pakistan Jatuh Di Pemukiman Padat, Puluhan Orang Meninggal

Pesawat Pakistan Jatuh Di Pemukiman Padat, Puluhan Orang Meninggal

23 Mei 2020 00:53 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - KARACHI: Pesawat Pakistan Internasional, jatuh Jumat (22/5/2020) di area perumahan padat di Karachi dalam penerbangan dari Lahore, kata para pejabat. Pesawat PK8303, dengan sekitar 91 penumpang dan delapan awak, terbang ke bandara Jinnah Internasional, salah satu bandara tersibuk di Pakistan.

Para pejabat setempat memastikan paling tidak 37 orang meninggal namun jumlah keseluruhan korban diperkirakan lebih tinggi. Paling tidak tiga penumpang selamat.

Jenazah sudah dibawa ke rumah sakit namun belum dapat dipastikan apakah korban meninggal adalah penumpang atau warga di perumahan.

Pesawat Airbus A320 itu akan mendarat saat jatuh di dekat permukiman Model Colony, daerah di Karachi yang berjarak sektiar 3,2 kilometer dari bandara Jinnah.

Juru bicara PIA mengatakan pesawat itu kehilangan kontak dengan menara pengawas sekitar pukul 14:30 waktu setempat (15:30 WIB). 

Judha Nugraha dari kementerian luar negeri Indonesia mengatakan "KJRI Karachi saat ini sedang mencari informasi dari otoritas setempat mengenai kemungkinan adanya penumpang WNI."

Seorang saksi mata Mohammed Uzair Khan mengatakan kepada BBC, ia mendengar ledakan kuat dan segera keluar rumah. "Empat rumah benar-benar hancur dan terjadi kebakaran. Mereka juga tetangga saya. Saya tak bisa ceritakan bagaimana menyedihkan bencana ini," katanya.

Tentara Pakistan mengatakan pasukan cepat segera menuju ke tempat jatuhnya pesawat untuk membantu evakuasi.

Menteri kepala Sindh, provinsi tempat jatuhnya pesawat, menetapkan kondisi darurat di semua rumah sakit Karachi.

Masih belum jelas apa penyebab kecelakaan. Pemipin eksekutif PIA Arshad Malik mengatakan pilot memberitahu menara mereka mengalami "kerusakan teknis."

Perdana Menteri Pakitan Imran Khan mengatakan "ia terkejut dan sedih", dan berjanji akan melakukan penyelidikan segera.

Kecelakaan terjadi beberapa hari setelah Pakistan mengizinkan pesawat komersial setelah lockdown virus corona.

Umat Islam Pakistan saat ini tengah menyiapkan menyambut Idul Fitri dan banyak di antara mereka yang mudik.

Pakistan memiliki catatan keselamatan yang kurang begitu bagus, ditandai sejumlah kecelakaan pesawat.

Pada 2010, pesawat yang dioperasikan penerbangan swasta Airblue, jatuh dekat Islamabad, menewaskan 152 orang, kecelakaan terburuk dalam sejarah Pakistan.

Pada 2012, pesawat Boeing 737-200 yang dioperasikan Bhoja Air jatuh dalam cuaca buruk saat akan mendarat di Rawalpindi, menewaskan 121 penumpang dan enam awak.

Pada 2016, pesawat Pakistan Internasional Airlines jatuh terbakar dalam penerbangan dari Pakistan utara ke Islamabad, menewaskan 47 orang. ***