logo

24 Nakes Positif Covid-19, RSUD Depok Tutup Layanan Poliklinik

24 Nakes Positif Covid-19, RSUD Depok Tutup Layanan Poliklinik

RSUD Kota Depok
23 Mei 2020 00:15 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Tenaga kesehatan (nakes) yang positif  terpapar Corona di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Jawa Barat, bertambah dari 15 orang menjadi 24 orang.

Direktur RSUD Depok Devi Maryori segera menutup pelayanan poliklinik di sana karena tim rawat jalan terkonfirmasi positif Covid-19.

Dalam surat edarannya No. 445/1031-UPEP penutupan itu selama 14 hari.Layanan akan dibuka kembali pada tanggal 8 Juni 2020.

Penutupan sementara poliklinik tersebut, kata Devi di Depok, Jumat (22/5/2020), untuk keperluan sterilisasi ruangan dan isolasi nakes. Ruangan yang biasa dipakai untuk poliklinik, tuturnya akan dilakukan dekontaminasi agar saat dibuka kembali ruangan sudah steril.

Devi Maryori mengatakan, kepastian 24 petugas medis terkonfirmasi positif tersebut setelah menjalani tes dua kali.

“Mereka dinyatakan positif karena sudah dua kali diperiksa mulai tanggal 11 Mei 2020. Sebelumnya diperiksa Swap 27 orang di laboratorium. Namun baru keluar 24 orang, sementara 3 hasilnya belum keluar,” katanya

RSUD itu, ujarnya, kini hanya melayani pasien Covid-19. “Pelayanan di Instalasai Gawat Darurat (IGD) tetap buka. Begitu pula pelayanan di rawat inap bagi pasien Covid-19,” kata Devi

Pada tanggal 5 Mei 2020, RSUD Kota Depok ditetapkan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris sebagai rumah sakit penyelenggara pelayanan khusus pasien terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Depok Nomor: 440/120/Kpts/Dinkes/Huk/2020.

Dalam penjelasannya ketika itu, Wali Kota mengatakan untuk sementara pelayanan pasien rawat inap di rumah sakit milik pemerintah ini juga ditiadakan. Namun demikian, tuturnya,  pelayanan rawat jalan tetap beroperasi tetapi hanya untuk poli tertentu.

Namun untuk pelayanan rawat inap, ucapnya, hanya dikhususkan bagi pasien terinfeksi virus Corona. "Karena seluruh tempat tidur di rumah sakit sudah didedikasikan untuk penanganan Covid-19," ujar Wali Kota.

RSUD Depok yang sudah dijadikan sebagai rumah sakit sementara penanganan pasien Covid-19 menyediakan 134 tempat tidur. Saat ini, kata Devi, pasien Covid-19 yang dirawat di sini ada 37 orang.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto