logo

Utang Manchester United Naik Menjadi 429,1 Juta Poundsterling Gara-gara Covid-19

Utang Manchester United Naik Menjadi 429,1 Juta Poundsterling Gara-gara Covid-19

MU tetap optimis mengatasi kesulitan keuangan di tengah wabah virus corona
22 Mei 2020 23:46 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MANCHESTER: Manchester United mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) kehilangan dana awal 28 juta poundsterling. Pihak klub memperkirakan angka akhir bisa jauh lebih tinggi setelah United mengungkapkan hasil kuartal ketiga mereka hingga 31 Maret pada hari Kamis.

Chief financial officer Cliff Baty mengatakan mereka akan mengembalikan pendapatan TV sebesar 20 juta poundsterling kepada para stasiun TV meskipun musim Liga Primer belum selesai.

United kehilangan  8 juta pound tambahan selama tiga minggu terakhir bulan Maret, ketika mereka memiliki tiga pertandingan ditunda. Sebanyak 11 pertandingan United telah ditunda karena pandemi.

Berbicara dalam video konferensi setelah hasil keuangan terbaru dirilis, Baty menjelaskan bahwa para perusahaan televisi Liga Premier akan mendapatkan  20 juta pound dari klub karena perubahan tanggal dan waktu kick-off yang dihasilkan dari pandemi.

Dengan pertandingan dibatalkan - termasuk pertandingan di Liga Eropa dan Piala FA - Baty mengatakan bahwa pendapatan sponsor telah "dikontrak", dan bahwa penjualan ritel telah "dipengaruhi" dengan toko klub di Old Trafford masih ditutup.

Dia menambahkan bahwa pendapatan matchday "sangat terpengaruh", dengan permainan penerimaan akan dimainkan secara tertutup untuk masa mendatang.

United telah menolak untuk memperkirakan berapa biaya finansial keseluruhan dari pandemi tersebut pada akhirnya - tetapi wakil ketua eksekutif Ed Woodward mengatakan beban utama akan jatuh pada kuartal saat ini, yang akan berlangsung hingga 30 Juni.

"Hasil kuartal ketiga kami mencerminkan dampak parsial pandemi terhadap klub tetapi dampak yang lebih besar akan ada di kuartal saat ini dan kemungkinan akan berlanjut," kata Woodward.

Pendapatan untuk kuartal ini turun 18,7% menjadi  123,7 juta pound. Utang klub naik dari 124,4 juta menjadi  429,1 juta pound.

Baty mengatakan penundaan perjalanan Liga Premier ke Tottenham pada 15 Maret hanya menghabiskan 4 juta poundsterling.

"Ini adalah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kita harus menyadari bahwa krisis ini tidak akan hilang dalam semalam," kata Woodward.

"Namun, klub kami dibangun di atas fondasi yang kuat. Kami tetap optimis tentang prospek jangka panjang bagi klub begitu kami telah melakukan apa yang tidak diragukan lagi salah satu periode paling luar biasa dan pengujian dalam sejarah 142 tahun sejarah. Manchester United." ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH