logo

Di Tengah Wabah Covid 19, SCTV Hadir Menghibur Lewat "Ramadhan Penuh Cinta"

Di Tengah Wabah Covid 19, SCTV Hadir Menghibur Lewat

09 April 2020 22:23 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - JAKARTA: Di tengah wabah Covid 19 yang membuat orang cemas dan harus berdiam diri di rumah, SCTV sebagai televsi yang komit dengan pemirsanya bakal tetap memberi kehangatan selama bulan Ramadhan. Lewat tagline "Ramadhan Penuh Cinta" SCTV bakal menyajikan program-program menarik dan menghibur serta penuh dengan pencerahan.

Diantara program menarik yang bakal menemani pemirsa selama bulan Ramadhan, yakni Para Pencari Tuhan, Insya Allah Surga, Mutiara Hati,  Mengetuk Pintu Hati dan banyak lagi. "Selain program ini, kita juga masih ada beberapa acara yg kita rencanakan dalam rangkain HUT SCTV ke 30. Tapi belum bisa kita sebutkan karena masih juga menunggu perkembangan wabah Covid 19 ini," kata Deputy Director Programming SCTV, David Suwarto dalam jumpa pers yang dilakukan dengan video conference lewat aplikasi zoom, Kamis (9/4/2020) sore.

Menurut David, yang menarik lagi, selama bulan Ramadhan, SCTV juga akan menghadirkan gerakan membaca Al Quran 30 hari 30 Juz. "Kita mengajak pemirsa untuk membaca Al Quran minimal 1 juz satu hari. Di sini kita akan tampilkan Qori yang jadi idola anak muda, Muzamil Hasballah. Ini tayang setiap malam, pukul 02.00 dinihari WIB, jelang sahur," ujar David.

Ditambahkan David, di tengah wabah Covid 19 ini, pihaknya kini lebih fokus pada tayangan sinetron yang syutingnya memang sudah selesai. "Di saat menemani pemirsa dikala santap sahur, kami akan hadirkan sinetron Para Pencari Tuhan yang memang sudah melekat di hati pemirsa," kata David.

Sementara itu menurut produser sinetron Para Pencari Tuhan (PPT), Deddy Mizwar,  PPT seri ke 13 ini bakal mengangkat kisah seputar sengketa masjid. "Kalau dulu kan kita fokusnya di mushola, nah sekarang sudah ada masjid. Tapi adanya masjid justru jadi sengketa, jadi ga ada jamaah nya. Tapi ini ga ada kaitannya masjid tanpa jamaah dengan covid 19. Karena kita syutingnya bulan Oktober 2019, corona belum ada," ujar Deddy Mizwar.

Pada PPT Jilid 13 ini akan diceritakan bagaimana perjuangan Bang Jack (Deddy Mizwar) untuk mempertahankan masjid yang telah didirikannya. Suatu hari, peristiwa yang tidak pernah diduga sebelumnya terjadi, Bahrudin (Kukuh Prasetyo) datang menggugat Pak Jalal (Jarwo Kwat) dengan dokumen-dokumen yang lengkap bahwa tanah yang sekarang menjadi mihrab masjid adalah miliknya karena merupakan warisan dari keluarga leluhur. 

Deddy mengaku beruntung syuting telah dilakukan sejak Oktober tahun lalu. "Sebenarnya kita syuting dengan episode yang  panjang-panjang. Jadi saat ada wabah covid 19 dan kita tidak boleh lagi syuting, kita sudah siap. Apalagi kita kan syuting sejak Oktober lalu," kata Deddy Mizwar.

Seperti biasanya, dari masalah seputar masjid sengketa, kisah melebar dengan menghadirkan keseruan dan kejenakaan dari para tokoh. Seperti perseteruan Udin Nganga dan Pak Djalal yang kali ini kehadiran anaknya yang baru saja selesai kuliah di Jerman.

Saat ditanya wartawan kapan akhir cerita Para Pencari Tuhan, Deddy Mizwar mengatakan sesuai dengan judul maka tujuan sesungguhnya di dunia ini adalah untuk mencari Tuhan. Untuk mencari Tuhan itu tak akan ada akhirnya. Banyak cerita yang bisa diangkat dari persoalan di dunia yang tak ada habisnya. "Karena itu, meski nanti saya tidak ada pun, tetap masih bisa dilanjutkan. Karena persoalan di dunia ini tak pernah berakhir hingga hari akhir," kata Deddy Mizwar. 

Sementara program lain di jam primetime adalah Mengetuk Pintu Hati, sebuah tausiah jelang berbuka puasa yang dibawakan Ustadz Subki Al-Bughury, S.Sos. 

"Tantangan dari mengisi program ini adalah bagaimana kita memberikan pencerahan agama dalam waktu relatif singkat. Dengan waktu yang amat sedikit kita usahakan pesan yang diangkat sampai, mencerahkan dan bisa memberikan wawasan ilmu agama. Kalau kita penyampaiannya tidak bisa, jangankan waktu yang singkat, waktu yang panjang saja orang kadang tak mengerti," kata Ustadz Subki yang sudah berkali-kali mengisi program ini.

Sementara itu SCTV juga akan menayangkan sinetron terbaru Insya Allah Surga yang akan hadir menyapa pemirsa mulai 1 Ramadan 1441 H pada pukul 04.00 WIB. Insya Allah Surga akan menghadirkan sederet pemain ternama seperti Ricky Harun, Ridwan Abdul Ghany, Lolox, Dinda Azani, dan beberapa pemain pendukung lainnya. 

Sinetron ini bercerita tentang kisah perjalanan tiga suadara tiri yaitu Tatang (Ricky Harun), Karyo (Ridwan Abdul Ghany), dan Ucok (Lolox) dalam mencari hidayah dengan cara yang unik. Ketiganya dipertemukan saat menghadiri pemakaman ayah mereka dan baru mengetahui kalau ternyata mereka bersaudara dari ibu yang berbeda. Konflik pun terjadi saat seorang notaris yang ditunjuk oleh ayah mereka membacakan  surat wasiat yang berisikan bahwa harta yang dimiliki seperti rumah, tanah, deposito, dan emas akan dibagi kepada ketiga anaknya. Dengan satu syarat, mereka harus tinggal bersama di satu rumah dan mengejar akhirat tanpa melupakan dunia. Untuk ketiga saudara tersebut yang tidak mengerti sama sekali dengan ilmu agama, tentu hal ini tidaklah mudah untuk mereka jalani. Gambaran para anak muda dalam mencari hidayah akan tersaji dalam sinetron ramadan SCTV setiap hari selama Ramadhan pukul 04.00 WIB.

Program religi yang selalu hadir di SCTV selama Ramadan, Mutiara Hati dan Mengetuk Pintu Hati akan kembali mengisi relung hati pemirsa Indonesia. 

Editor : Gungde Ariwangsa SH