logo

YSJI Apresiasi Bantuan Sembako Dari Kemensos

YSJI Apresiasi Bantuan Sembako Dari Kemensos

Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemensos Grace P Batubara (kiri) menyerahkan bantua pada Ketua YSJI Astrid Esther (kanan).(foto,ist)
09 April 2020 22:13 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Yayasan Seniman Jalanan Indonesia (YSJI) menyatakan apresiasi tinggi dan ucapan terima kasih pada Kementerian Sosial (Kemensos) atas bantuan sembako yang didistribusikan. YSJI menerima 1000 paket sembako dari Kemensos.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Akibat pandemi COVID-19 ini, anak-anak jalanan, pemulung dan sopir angkot paling terasa dampaknya. Bantuan dari Kemensos sangat membantu. Ini bukti bahwa semangat Kesetiakawanan Sosial masih kuat tertanam di tengah-tengah masyarakat," tutur Ketua YSJI Astrid Esther, usai menerima bantuan di Kompleks Taman Makan Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Perlu diketahui, Kemensos menyalurkan total 4410 paket sembako dan makanan siap saji, yang ditujukan, sebanyak 1000 untuk YSJI, 3000 paket untuk warga Pluit, Jakarta Utara, serta 410 untuk warga Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Astrid menyatakan, bantuan dari Kemensos sangat membantu mengatasi sebagian dari beban yang harus ditanggung oleh anggota YSJI. "Ini akan sangat membantu pak. Bayangkan ada anak jalanan yang mengamen hanya dapat Rp3000 sehari. Jadi kepada Bapak Menteri Sosial dan Ibu saya atas nama anak jalanan mengucapkan terima kasih," ungkap Astrid.

Disebutkannya, saat ini ada 5000-an anggota, yang terdaftar. Bantuan dari Kemensos, ujarnya, akan disalurkan secara bertahap kepada anggota. "Bertahap akan kami salurkan, pertama ke anak jalanan aja, sopir angkot, pengemudi ojol, dan di kampung pemulung," tutur dia.

Ungkapan yang sama dengan YSJI, disampaikan perwakilan warga Pluit dan Tanjung Priok. Paket sembako dan makanan siap saji tersebut, didistribusikan pada masyarakat secara simbolik oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemensos Grace P Batubara.

Untuk mendukung tugas-tugss pelindung sosial terhadap masyarakat terdampak COVID-19, terutama penyiapan bantuan sembako dan makanan siap saji, Kemensos mendirikan Posko Penyaluran Bantuan di Gedung Konvensi TMPNU Kalibata, Jakarta Selatan.

Posko juga telah menyiapkan 10.662 kotak makanan siap saji dan 4.410 paket Sembako. Total bantuan yang telah didistribusikan Kemensos, sampai dengan Kamis (9/4/2020) sore, sebanyak 22.756 kotak makanan siap saji, dan 11.285 paket sembako.

Arahan Presiden Joko Widodo, Kemensos menyalurkan 200.000 paket sembako dan makanan siap saji, untuk para pekerja infornal yang terdampak COVID-19, di DKI Jakarta. Bantuan ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan sehari-hari.

Sehingga, keinginan mereka untuk mudik ke kampung halaman berkurang. Penyaluran bantuan juga sebagai wujud #KemensosHADIR di tengah-tengah masyarakat yang terdampak bencana.

Editor : Gungde Ariwangsa SH