logo

Kuliah Daring Jadikan Komunikasi Dosen-Mahasiswa Stiamak Lebih Intens

 Kuliah Daring Jadikan Komunikasi Dosen-Mahasiswa Stiamak Lebih Intens

Suasana Ceria Mahasiswa Stiamak Barunawati saat Study Lapangan, sebelum wabah Covid-19
09 April 2020 20:27 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan  (Stiamak) Barunawati Surabaya memastikan tidak ada hambatan dalam pelaksaan kuliah sistem daring (dalam jaringan) pasca merebaknya wabah Corona (Covid-19).Hingga minggu ketiga pelaksanaan kuliah daring, hubungan antara dosen dan mahasiswa melalui online tetap berlangsung seperti lazimnya kuliah biasa.

Menurut Ketua Stiamak Barunawati Surabaya, Nugroho Dwi Priyohadi, kuliah sistem daring ternyata justru menjadikan komunikasi masing-masing mahasiswa dengan dosen terasa semakin intens. "Umpan balik materi kuliah direspon bagus oleh mahasiswa," ujarnya, Kamis (9/4/2020).

Kuliah sistem daring di perguruan tinggi di bawah bendera Pelindo III Surabaya itu dipastikan  bisa berjalan lancar. Karena STIAMAK sudah memiliki sistem IT (Teknologi Informasi) yang bisa diandalkan.

Menurut Nugroho yang masih berstatus pegawai aktif Direktorat SDM Pelindo III tersebut, sejak awal perguruan tingginya mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait penanganan wabah virus Corona. Mereka langsung mengikuti anjuran melaksanakan sistem kuliah online.

Seluruh mahasiswa perguruan tinggi yang berada di kawasan Tanjung Perak Surabaya ini tetap bisa mengikuti kuliah setiap hari dari rumah tanpa hadir di kampus. Kebijakan yang sama juga diberlakukan kepada  para dosen yang tetap memberikan materi kuliah dari rumah.

Awalnya, kata dia, semuanya dilakukan diri rumah. "Tapi sekarang, memasuki minggu ketiga kita sudah bikin sistem piket, sehingga kampus tidak terkesan mati," ujarnya.

Dalam kebijakan ini, pihaknya menerapkan piket administrasi dan piket dosen, yang menjadikan kampus tetap ada petugasnya yang standby setiap hari. Meski demik
Kuliah Sistem Daring Jadikan Komunikasi Dosen-Mahasiswa Stiamak Lebih Intens kita penuhi. Kita semua pingin selamat," ujarnya.

Bukan sebatas itu, STIAMAK juga sudah melakukan antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, dengan cara bekerja sama melibatkan Rumah Sakit Pelabuhan (PHC).

Pihaknya juga memastikan, layanan berbasis daring ini juga tidak menghambat kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020-2021. Semua calon mahasiswa bisa mendaftar dari rumah tanpa harus datang di kampus.

Mereka hanya perlu membuka website, stiamak.ac.id dan bisa langsung melakukan pendaftaran lewat web resmi tersebut. "STIAMAK menyediakan prodi khusus Ilmu Administrasi Bisnis dengan dua konsentrasi. Pertama, bisnis pelabuhan dan kedua, logistik. Karena kita fokus menyiapkan SDM pelabuhan," ujarnya.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH