logo

BRSLU Gau Mabaji Gowa, Gelar Sosialisasi Bantuan Sosial PROGRES LU

 BRSLU Gau Mabaji Gowa,  Gelar Sosialisasi Bantuan Sosial PROGRES LU

Para peserta Sosialisasi Bantuan Sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES LU) lewat Teleconference.(foto,ist) .
09 April 2020 15:34 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - GOWA: Salah satu upaya Kementerian Sosial (Kemensos) dalam menangani wabah pandemi virus Corona adalah dengan melaksanakan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos).

Hal tersebut dikemukakan Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji, Gowa, Syam Wuryani, saat membuka acara Sosialisasi Bantuan Sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES LU) lewat Teleconference dari aplikasi Zoom, di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (9/4/2020).

Kegiatan ini digelar bersama Dinas Sosial di 10 Wilayah Jangkauan Kerja. Ke 10 wilayah tersebut meliputi Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, NTT, NTB, Bali, serta diikuti pula oleh 52 partisipan.

"Upaya kita dalam menangani Pandemi Virus Corona ini adalah dengan melakukan upaya percepatan penyaluran bantuan sosial, salah satunya melalui bantuan sosial bagi lanjut usia," tutur Syam Wuryani.

Dikemukakannya, para lansia tersebut, baik secara pribadi, keluarga, lembaga dan kegiatannya harus dipastikan dapat terjamin kesehatan dan kesejahteraannya. . Dinas Sosial sebagai fasilitator dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) sebagai regulator, ungkap Syam Wuryani, kiranya dapat memberikan dukungan bahwa negara hadir memberikan layanan dan pendampingan terbaik.

Untuk kesejahteraan lansia di seluruh Indonesia, khususnya yang berada di 10 wilayah jangkauan kerja Balai Lansia Gau Mabaji. Acara pembukaan dilanjutkan pemberian materi sosialisasi, dengan narasumber Kepala Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial, Subhan Kadir.

"Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial PROGRES LU akan berjalan dengan lancar jika koordinasi antara Balai, Dinas Sosial Provinsi, Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa serta LKS dapat terjalin dengan baik," terang Subhan.

Untuk pelaksanaan koordinasi lanjutan, akan dilaksanakan juga Bimbingan Teknis penyaluran Bantuan Sosial PROGRES LU dengan Pendamping lansia di LKS 10 Wilayah Jangkauan.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto