logo

Pandemi Covid-19, UTBK Dan Pendaftaran SBMPTN Ditunda

Pandemi Covid-19, UTBK Dan Pendaftaran SBMPTN Ditunda

UNS menunda pelaksanaan UTBK dan pendaftaran SBMPTN 2020
07 April 2020 23:21 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 diundur. Pengunduran jadwal UTBK tersebut karena situasi pandemi virus Corona Covid-19.

"Diundurnya jadwal pendaftaran dan pelaksanaan UTBK tersebut sesuai dengan Surat Edaran Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor: 11/SE.LTMPT/2020 tentang Pelaksanaan Jadwal  UTBK 2020," jelasKetua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Ahmad Yunus, Selasa (7/4/2020).

Untuk waktu pendaftaran UTBK dan SBMPTN diundur tanggal 2-20 Juni 2020. Kemudian pelaksanaan UTBK diundur pada tanggal 5-12 Juli 2020 serta pengumuman SBMPTN pada tanggal 25 Juli 2020.

Materi tes yang diujikan pada UTBK ini adalah tes potensi skolastik. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil satu kali tes. Kemudian untuk pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap harinya.

"Dalam surat edaran tersebut juga disampaikan bahwa pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta Program Studi (Prodi) tujuan," paparnya.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengirimkan surat edaran terkait perubahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH