logo

IDI: Positif Covid-19, Dr Naek L Tobing Langsung Dimakamkan

IDI: Positif Covid-19, Dr Naek L Tobing Langsung Dimakamkan

06 April 2020 19:14 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pakar seks Dr Naek L Tobing yang meninggal Senin (6/4/2020) positif terjangkit wabah virus corona (Covid-19). Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) membenarkan hal itu dan mengemukajan almarhum langsung dimakamkan.

Humas PB IDI  dr Halik Malik selain membenarkan kabar duka itu juga menyebut, Naek L Tobing meninggal karena Covid-19.

"Iya barusan dikonfirmasi oleh ketua IDI cabang Jaksel, benar dari Naek L Tobing ahli kesehatan jiwa meninggal td pagi di RSPP Jakarta, sudah tes swab Covid-19 dan hasilnya positif," ujar Halik, seperti diberitakan Suara.com, Senin (6/4/2020).

Halik menyebut bahwa jenazah almarhum langsung dimakamkan hari ini. Meski demikian, Halik tidak menyebut secara detail tentang riwayat penyakit dari ahli seksologi itu.

"Detailnya juga masih kita telusuri," demikian ujar Halik.

Naek L Tobing meninggal dunia dalam usia 79 tahun, Senin (6/4/2020). Naek L Tobing meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina  karena sakit yang dideritanya.

Dokter Andri SpKJ FAPM dari Klinik Psikosomatik Rumah Sakit Omni, Alam Sutera, Tangerang membenarkan kabar berpulangnya Naek L Tobing. Begitu juga dengan pihak Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, yang membenarkan Naek L Tobing menghembuskan napas terakhir di rumah sakit.

Meninggalnya dokter yang juga seorang tokoh seksologi ini diketahui dari postingan keluarganya di media sosual Facebook.

Tampak akun Facebook Dormahn Pinda Hutajulu menyampaikan rasa berdukanya karena pakar seks ini telah menghembuskan nafas terakhir.

"Istirahatlah dalam damai, Tulang/Paman kami dr. naek L Tobing, SpJ k. Terima kasih untuk semua nasihat dan teladan. We love you," tulisnya.

Berdasarkan keterangan dari keluarganya, jenazah akan langsung dibawa ke Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Semasa hidupnya, dokter yang lahir pada 14 Agustus 1940 ini sudah banyak menulis buku tentang seks, seperti Masalah dan Solusi (194), Seks Pranikah, Seks Extramarital, dan Membangun Keharmonisan Suami-Istri, dan beberapa buku lainnya.

Dia juga kerap tampil mengisi rubrik seksologi di berbagai majalah dan surat kabar nasional. Selain itu juga sering diundang sebagai pembicara dalam acara rubrik kesehatan yang berkaitan dengan masalah seksologi di berbagai stasiun televisi maupun radio di seluruh Indonesia. ***