logo

Isyarat Apa? Gunung Merapi Munculkan Wajah Semar Dan Telapak Tangan

Isyarat Apa? Gunung Merapi Munculkan Wajah Semar Dan Telapak Tangan

Di media sosial beredar gambar telapak tangan dan wajah Semar dari awan letusan Gunung Merapi
29 Maret 2020 00:09 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Meletusnya Gunung Merapi saat Indonesia berjuang menghadang dan mengusir wabah virus corona (Covid-19) yang sangat mematikan menghadirkan fenomena aneh. Gunung di Jawa Tengah itu menyemburkan awan yang memunculkan penampakan mirip wajah tokoh pewayangan Eyang Semar dan juga ada yang melihat menyerupai tangan raksasa. Isyarat apakah ini?

Setelah Merapi erupsi beberapa kali mulai Jumat  (27/3/2020) dan Sabtu (28/3/2020), banyak beredar di mesia sosial tentang fenomena aneh yang dimunculkan awan dari gunung aktif itu. Di WhatsApp, facebook, twitter dan media lainnya beredar foto awan semburan Merapi yang menampkan wajah Semar dan tangan. Munculah berbagai pertanyaan tentang gambaran alam itu.

Banyak yang mengaitkan penampakan itu dengan mengganasnya wabah Covid-19 di Tanah Air. Dari Yogyakarta,suaramerdekasolo.com  melaporkan, terlebih, akhir-akhir ini Ibu Pertiwi sedang bersedih karena serangan wabah virus corona yang menyebabkan ribuan orang terpapar dan puluh meninggal dunia. Sehingga wabah virus yang mematikan ini dianggap sebagai peringatan Sang Khaliq terhadap umatnya dalam istilah lokalnya disebut Pagebluk.

Disebutkan, khusus letusan pada Jumat siang  dianggap oleh masyarakat memiliki makna yang khas bagi penduduk Jawa, khususnya yang tinggal di sekitar gunung tersebut. Pada akun facebook link https://m.facebook.com/groups/1684296348550188?view=permalink&id=2846880192291792 dijelaskan kepercayaan orang Jawa-Mataram. Khusus letusan Merapi kedua awan panasnya yang membumbung tinggi malah dipercaya menyerupai wajah (Eyang Semar) tokoh pewayangan Jawa.

“Itu artinya ada pagebluk (bencana) dengan kemunculan awan panas gunung merapi (berapi) menyerupai wajah Eyang Semar menandakan bencana (Pagebluk) yang melanda Nusantara akan segera berakhir. Semoga Covid-19 akan segera berlalu dari bumi Nusantara..Aamiin…”

“Percaya boleh nggak percaya juga ndak apa.. atau abaikan saja. Yg terpenting kita berdoa kpd Allah, moga wabah covid-19 segera berakhir.. aamiin.

Atas ulasan itu di media sosial, pemilik akun facebook Hendy menyatakan: “Mugo juga makin kuat imane penghuni nusantara. Amergo jagat bawono wes tuo. Eleng marang gusti.. Amiin

Sedangkan SuaraJogja.id melansir, letusan terakhir Merapi pada Sabtu pagi serupa penampakan tangan sedang menegadah. Fenomena tersebut seperti yang diunggah oleh akun radio komunitas @MMCfm. Dalam video berdurasi singkat tampak kepulan asap letusan merapi terlihat menyerupai telapak tangan. Ini seperti diungkap sejumlah netizen.

"Bentuknya kaya tangan ya," kata @arifaaaaa. "Tangane sapa kuwe yaaaaa gedete temen yaaaa?" kata @SiskamlingBms. "Kukuse ngepel__JogjaKuduKuat," tulis @gentholuka.
"Gambarnya tangan ya om minta doa tu om," tulis @agecoy21."Seperti tangan," kata @saaipulxrohman. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH