logo

Penyemprotan Desinfektan Di Perusahaan, Agar Melibatkan Karyawan Yang Terkena PHK

 Penyemprotan Desinfektan Di Perusahaan, Agar Melibatkan Karyawan Yang Terkena PHK

Menaker Ida Fauziyah (kiri).(foto,ist)
27 Maret 2020 19:50 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melibatkan para pekerja/karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam penyemprotan desinfektan di perusahaan, yang didampingi tenaga profesional.

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk motivasi untuk memberdayakan teman-teman ter-PHK dengan berbagai cara. Kita berharap banyak pihak bisa melakukan hal yang sama bagi pekerja yang terdampak Covid-19," tutur Menaker, usai menyaksikan penyemprotan yang dilakukan pekerja ter-PHK di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Kegiatan penyemprotan desinfektan Covid-19 di area kerja perusahaan ini dilakukan juga di kawasan Industri Pulo Gadung dan Kawasan Industri Marunda. Para pekerja ter-PHK diberdayakan, agar mereka mendapat tambahan penghasilan dari insentif yang diberikan dalam program padat karya.

Seperti diketahui, Kemnaker melakukan modifikasi beberapa programnya. Salah satunya program padat karya yang diarahkan bagi pekerja korban PHK dan para pekerja yang terdampak Covid-19.

Modifikasi disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masyarakat setempat atau yang dikenal dengan istilah pengembangan padat karya berbasis sumber daya lokal.

Menaker menjelaskan, selama penyemprotan di perusahaan, para pekerja korban PHK akan memperoleh insentif dari program padat karya. "Kami beri insentif untuk melakukan penyemprotan. Sebelum menyemprot mereka dilatih dulu, dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri) dan didampingi oleh instruktur profesional," terangnya.

Kegiatan penyemprotan desinfektan di area kerja perusahaan ini mendapat respon positif dari para pekerja yang terkena PHK. Salah satunya adalah Juni Adinato, pria asal Malang, Jawa Timur. Dia mengaku senang ikut dilibatkan dalam upaya pencegahan virus Covid-19 di perusahaan.

“Hingga saat ini saya masih mencari pekerjaan. Kegiatan ini tentunya sangat membantu. Saya juga berpesan kepada semua teman pekerja, agar benar-benar bekerja sama mencegah penyebaran virus corona terutama di tempat kerja," tuturnya.

Kegiatan penyemprotan desinfektan Covid-19 tidak hanya dilakukan di dalam ruangan yang digunakan untuk aktivitas pekerjaan saja. Tapi, di seluruh fasilitas gedung mulai dari toilet, kantin, musholla hingga pelataran parkir di perusahaan.

Editor : Gungde Ariwangsa SH