logo

BKKBN Siapkan Metode E-learning Untuk Memperkuat Jejaring Penyuluh KB

 BKKBN Siapkan Metode E-learning Untuk Memperkuat Jejaring Penyuluh KB

Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo Sp OG (K).(foto,ist)
26 Maret 2020 22:52 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sedang menyiapkan metode e-learning atau pembelajaran jarak jauh. Untuk meningkatkan dan memperkuat jejaring para penyuluh KB.

Demikian dikemukakan Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo Sp OG (K) melalui video streaming dengan para tenaga lini lapangan, dari Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Hal tersebut dilakukan, guna mengoptimalkan peran Penyuluh KB, petugas lapangan dan kader sukarelawan, juga Mobil Unit Penerangan se-Indonesia. Di sisi lain, BKKBN juga terus siaga menghadapi wabah virus Covid-19.

Seperti diketahui, mewabahnya virus Covid-19 telah memengaruhi berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali dalam aspek kepemerintahan, termasuk mengubah bentuk komunikasi. Untuk itu, BKKBN menyikapi kondisi ini juga mengubah bentuk komunikasi dengan para Penyuluh KB/Petugas Lapangan KB, serta Kader sukarelawannya di seluruh Indonesia.

Kepala BKKBN menyatakan, penyuluhan tetap harus dilakukan di tengah kondisi Social Distancing yang dianjurkan pemerintah. “Segala bentuk pertemuan memang tidak disarankan lagi. Untuk para penyuluh sedang disiapkan metode e-learning atau pembelajaran jarak jauh, guna meningkatkan dan memperkuat jejaring para penyuluh KB,” jelasnya.

Diakui Hasto, meningkatnya perkembangan kasus virus Covid-19, menimbulkan kepanikan di masyarakat. Namun, imbuhnya, program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) tetap harus dilaksanakan di tengah-masyarakat.

"Tentunya tetap menaati prosedur pencegahan, baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar," ujarnya.

Merespon kondisi terkini, BKKBN telah menyebarluaskan surat edaran terkait prosedur pencegahan, prosedur bekerja bagi Pegawai BKKBN, termasuk prosedur bekerja bagi Penyuluh KB/PLKB, yang berhadapan langsung dengan masyarakat di lini lapangan.

Editor : Gungde Ariwangsa SH