logo

Imbas Corona, Puluhan Ribu Calon Penumpang Batalkan Tiket KA

 Imbas Corona, Puluhan Ribu Calon Penumpang Batalkan Tiket KA

KAI Daop 8 sudah menyiapkan bilik sterilisasi di stasiun
26 Maret 2020 21:05 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Kebijakan pengurangan kapasitas angkut dan pembatalan sejumlah perjalanan Kereta Api (KA) untuk menekan penyebaran virus Corona, mulai direspon para calon penumpang. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya bahkan mencatat ada 25.435 tiket yang dibatalkan selama periode 1 hingga 24 Maret 2020.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, dalam rangka menekan kasus penyebaran virus Corona, pihaknya juga sudah memberi toleransi batas waktu pembatalan tiket kereta yang lebih panjang. "Bila sebelumnya pembatalan tiket KA melalui KAI Access hanya bisa dilakukan maksimal 12 jam sebelum keberangkatan. Sejak 26 Maret 2020, kami beri toleransi maksimal hingga 3 jam sebelum keberangkatan," ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Pihaknya meminta masyarakat memanfaatkan aplikasi KAI Access, untuk mempermudah proses pembatalan. Dengan cara itu, kata dia, calon penumpang tak perlu mendatangi stasiun agar bisa menghindari kerumunan orang seperti yang disarankan pemerintah.

Selain KAI Access, pihaknya juga siap melayani pembatalan lewat stasiun online. Di wilayah Daop 8, pembatalan itu bisa dilakukan di 6 stasiun, seperti Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Mojokerto, Sidoarjo dan Bojonegoro.

Seperti diketahui, dalam rangka mendukung program pemerintah mencegah penyebaran virus Corona, PT KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan berbagai upaya. Mulai dari menurunkan kapasitas angkut KA Lokal dari 150 persen, menjadi 75 persen.

KAI juga melakukan pembatalan 4 perjalanan KA selama periode 1-30 April 2020. Perjalanan yang dibatalkan itu masing-masing KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasar Turi-Gambringan-Solo-Kutoarjo dan KA Mutiara Timur relasi surabaya Gubeng-Ketapang. Termasuk KA logawa relasi Jember-Surabaya Gubeng-Purwokerto dan KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen.

KAI juga berencana memperpendek rute 5 perjalanan KA selama periode 1-30 April 2020. Perjalanan KA yang diperpendek itu diantaranya KA Argo Wilis, KA Mutiara Selatan, KA Turangga, KA Malabar dan  KA Lokal Ekonomi.

Sementara, jumlah penumpang selama periode 1-22 Maret 2020, di wilayah kerjanya mencapai 649.825 penumpang. Jumlah itu hanya  60,95% dari target yang ditetapkan sebesar 1.066.109 penumpang.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH