logo

Saheduling Gelar Aksi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Di Depok

 Saheduling Gelar Aksi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Di Depok

Aksi edukasi pencegahan penyebaran virus Covid-19, di Pondok Tahfidz Master, Depok. (foto,ist)
26 Maret 2020 09:33 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - DEPOK: Dalam rangka membantu pemerintah turut mencegah penyebaran virus Covid-29 atau Corona, Sahabat Edukasi Lingkungan (Saheduling) Depok melakukan gerak cepat dengan berbagai aksi sosialnya.

Aksi nyata sebagai bentuk kepedulian dan perhatian atas kondisi tersebut, ditunjukan Saheduling dengan program sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan. Aksi yang disponsori PT Ipal Teknik Solusi ini dilakukan di Pondok Tahfidz Master, Depok, Jawa Barat, Rabu (25/3/ 2020).

“Ini adalah hari pertama kami lakukan. Insya Allah akan dijadwalkan selama sepekan," jelas Ketua Saheduling Abdullah Gojali, melalui siaran persnya.

Diterangkan lebih lanjut, kegiatan ini merupakan salah satu program yang dibuat sebagai aksi nyata untuk mencegah penyebaran virus corona. Yakni dengan penyemprotan disinfektan dan edukasi pada para santri, yang masih ada di pondok tahfidz master.

Agar para santri mengetahui sejauh mana penyebaran virus corona dan pencegahannya. Diharapkan, imbuhnya, para santri dapat mencegah penyebaran virus corona dan melakukan social distancing (jaga jarak) sebagai tindakan pencegahan.

Gojali menyatakan, aksi ini mendapat respon positif. Pengurus pondok dan santri merasa bersyukur dengan program ini. Pasalnya, mereka juga memiliki kekhawatiran atas menyebarnya virus Covid-19 tersebut. “Selain itu, santri dan pengurus juga mendapatkan edukasi, dari program yang digelar secara gratis ini," kata Gojali.

Dia berharap program ini bisa turut membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid19 di masyarakat. Selain penyemprotan disinfektan dan edukasi, Saheduling juga berencana melaksanakan program tebar Box disinfektan ke puskesmas atau rumah sakit.

Gojali menilai, hal itu masih jarang ada di tempat pelayanan kesehatan itu. "Apalagi rumah sakit menjadi tempat perawatan pasien penderita virus Covid-19," ujarnya.

Saheduling, lanjutnya, juga akan memasang spanduk di beberapa titik di Kota Depok. Pemasangan spanduk, ujarnya, selain sebagai langkah edukasi, juga peringatan kepada warga untuk sama-sama dapat mencegah penyebaran virus Covid-19.

Gojali menambahkan program -program tersebut bisa berjalan atas bantuan dari para donatur Saheduling, sponsor dan Netizen. “Program ke 2 dan 3 ini kami berkolaborasi dengan semua pihak yang ingin berkontribusi dan juga ikut sama-sama mencegah penyebaran virus Covid-19," tuturnya. Karenanya, bagi yang berminat membantu ke Rek BRI Syariah a/n Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan No. 104.683.2341, Konfirmasi Transfer ke WA 085695565242 Abdullah Gojali.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto