logo

Menutup Dan Hentikan Sementara Kunjungan Ke Objek Wisata Raja Ampat

Menutup Dan Hentikan Sementara Kunjungan Ke Objek Wisata Raja Ampat

Tim Satgas Covid-19 Raja Ampat Terus Bekerja Cegah Penyebaran Corona Masuk Ke Daerah Ini/Foto:Humas Kabupaten Raja Ampat
23 Maret 2020 09:52 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - WAISAI: Bupati Raja Ampat, melalui Pengumuman  Nomor: 440/101/SETDA tentang Antisipasi dan Kesiapsiagaan Pencegahan Penyebaran Corona Virus  Diasease (Covid-19), tertanggal (22/3/2020), untuk menutup dan menghentikan  sementara aktifitas  kunjungan di semua objek wisata daerah ini.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Raja Ampat, Harun Matafi, S.STP, mengatakan, isi pengumuman Bupati Raja Ampat tersebut, intinya, untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 yang makin meluas saat ini.

Pengumuman Bupati tersebut, lanjut Harun, juga berdasarkan  Anjuran Presiden Republik Indonesia untuk menerapkan  Sosial Distancing. Serta, Surat Edaran Gubernur Papua Barat Tentang Pencegahan  Penyebaran Corona Virus Diasease (Covid-19) di wilayah Provinsi Papua Barat. Dan, Protokol Peningkatan Kewaspadaan  terhadap resiko persebaran corona.

Maka, tempat-tempat umum di kabupaten Raja Ampat,  mulai  terhitung  Senin,  23 Maret 2020  sampai dengan 14 hari ke depan, Bupati Raja Ampat:

1. Menutup dan menghentikan  sementara kegiatan  kunjungan di seluruh  Objek Wisata dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat;

2. Menghimbau seluruh masyarakat Raja Ampat untuk tidak mengadakan kegiatan sosial masyarakat yang menyebabkan kerumunan orang, seperti kegiatan event olahraga, event kesenian dan jasa hiburan;

3. Melakukan  evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan pesebaran Corona Virus Diasease (Covid-19) ke depan;

Demikian  disampaikan, agar dapat menjadi perhatian dan dipedomani.

Menurut Kabag Humas Harun, pihaknya sudah menindaklanjuti pengumuman Bupati tersebut selain dikirim ke seluruh-kampung melalui surat. Tapi, juga pengumunan ini disampaikan melalui media eletronik dan media sosial yang ada di Papua Barat dan Indonesia umumnya.

 Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Raja Ampat, lanjut Harun,  bersama Pemerintah daerah setempat terus mengimbau warga agar menghindari tempat-tempat keramaian dan jangan berkumpul dalam jumlah banyak serta menjaga jarak.

Di samping itu warga diimbau untuk menjaga kebersihan diri dan keluarga serta rajin mencuci tangan agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Dikatakan  Harun  Matafi, S.STP, Pemerintah daerah dan Tim Satgas Covid-19 setempat  melakukan  edukasi kepada masyarakat melalui pemasangan Banner.

“Baner-baner itu berisi ajakan dan larangan bertujuan untuk melakukan hal-hal positif mencegah tertular virus corona. Ini penting dilakukan imbauan melalui banner-banner itu karena warga harus diingatkan  terus menerus melalui  berbagai cara termasuk media yang tertempel di lokasi-lakosi yang sering dilalui masyarakat umum,” kata Harun. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH