logo

Indomaret Serahkan Donasi Pelanggan Rp 5,8 Miliar Kepada PMI

Indomaret Serahkan Donasi Pelanggan Rp 5,8 Miliar Kepada PMI

Dirut PT Indomarco Prismatama, Sinarman Jonatan menyerahkan donasi pelanggan Infomaret kepada Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI, Jakarta, Kamis (27/2/2020).
27 Februari 2020 17:12 WIB
Penulis : Laksito Adi Darmono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi pelanggan Indomaret senilsi Rp 5.881.764.510. Rencananya donasi ini akan digunakan PMI untuk mendukung pelaksanaan program Pendidikan dan Air Bersih.

Donasi diserahkan oleh Direktur Utama PT Indomarco Prismatama, Sinarman Jonatan kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sinarman mengapresiasi konsumen Indomaret yang selalu peduli dan terlibat dalam program donasi yang diadakan. Donasi pelanggan ini selama periode 1 Oktober 2019 hingga 31 Desember 2019.

“Konsumen kami tidak hanya berdonasi dengan menyisihkan uang kembalian. Banyak dari mereka yang memberikan donasinya tanpa berbelanja di toko," ujarnya.

Donasi pelanggan Indomaret itu akan digunakan PMI untuk mendukung pelaksanaan program Pendidikan dan Air Bersih. Di antaranya: Penyediaan fasilitas kesehatan dan air bersih berupa pembangunan MCK (Mandi-Cuci-Kakus), Pompa Air, Tempat Sampah; Unit Kesehatan Sekolah & Unit Palang Merah Remaja dan Promosi Kesehatan di 10 lokasi sekolah.

Selain itu juga untuk penyediaan 5 unit truk tangki air untuk distribusi air bersih, dan kegiatan program WASH (Water Sanitation and Hygeine). Lalu penyediaan 2 Unit Ambulance Transportasi dan peningkatan layanan tim ambulans PMI. 

Seluruh program itu, akan dilaksanakan di wilayah DIY, Jateng, Jatim, Jabar, Lampung, Sulbar, dan Maluku. 

Sinarman menyampaikan penghargaan kepada PMI yang bisa menyalurkan bantuan donasi pelanggan Indomaret ke daerah-daerah yang memang sangat membutuhkan dan semuanya ini dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyampaikan terima kasih kepada para perwakilan pelanggan Indomaret dan kepada pihak Indomaret yang  telah menyumbangkan dana donasi ini melalui PMI.

Dia menyebutkan donasi sebesar Rp 5,8 miliar dari para pelanggan Indomaret ini, merupakan bukti kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sesama.

"Dana ini akan dikelola PMI untuk membantu masyarakat dalam pengadaan layanan ambulans, mobil tangki air, membantu penyediaan sarana untuk Unit Kesehatan Sekolah, perbaikan fasilitas sanitasi dan air bersih di sekolah-sekolah, serta kampanye hidup bersih dan sehat,” kata JK.

"Semua pemanfaatannya selalu ada laporan.," tambah dia.

Kerja sama antara Indomaret dan PMI tahun ini adalah yang ke-empat kalinya. Sejak tahun 2011 hingga 2019 Indomaret melalui pelanggan setianya telah memberikan donasi dengan total Rp 21,1 miliar untuk mendukung program kemanusiaan PMI. 

Indomaret rutin mengajak pelanggan terlibat aktif dalam program kemanusiaan dengan memberikan kontribusi donasi pada waktu belanja. 

Konsumen Indomaret berdonasi melalui 3 cara yaitu menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah dari uang kembalian dan menyumbang tanpa berbelanja. Donasi ini dilakukan secara sukarela. Kasir menawarkan dan setelah disetujui konsumen kemudian mencetak jumlah donasi di struk.

Program kemanusiaan yang telah menjadi aktivitas rutin Indomaret ini bukan saja mengajak masyarakat menyisihkan uang kembalian saat berbelanja tetapi ditujukan menjadi suatu gerakan yang berkelanjutan dan menjadi budaya masyarakat untuk berbagi kepada orang lain. ***

 

Editor : Laksito Adi Darmono