logo

"All Japan” Dengan Merek Paten BRANZ Hadir Di Jantung Kota Jakarta

Proyek BRANZ Mega Kuningan dengan konsep All Japan dilakukan ground breaking di lokasi di kawasan strategis Kuningan Bisnis Center
27 Februari 2020 16:49 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Tokyu Land Corporation yang berkantor pusat di Shibuya-ku, Tokyo dengan Presiden Direkturnya Yuji Okuma melakukan acara Ground Breaking dimulainya pengerjaan konstruksi utama dari Proyek Mega Kuningan, sebuah pengembangan kompleks berskala besar yang akan dibangun di area Mega Kuningan, di pusat kota (CBD) Jakarta Selatan melalui anak perusahaan lokalnya, yaitu Tokyu Land Indonesia dengan markasnya di Jakarta dan sebagai Presiden Direktur adalah Hidetatsu Ikeda; selanjutnya disebut “TLID".

Berbeda dengan Ground Breaking Ceremony pada umumnya di Indonesia, acara ini dihadiri oleh para pelanggan dan diselenggarakan secara meriah dilakukan di areal proyek, tepatnya Jalan Guru Mughni di SCBD, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (26/2/2020).

Proyek yang terdiri dari tempat tinggal untuk dijual, tempat tinggal untuk disewa, dan fasilitas komersial ini dikembangkan bersama dengan melibatkan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (berlokasi di Chiyoda-ku, Tokyo; Selanjutnya disebut “JOIN”) yang modalnya berasal dari pemerintah Jepang. Pekerjaan konstruksinya dikerjakan oleh Shimizu Corporation dan akan dilaksanakan dengan “All Japan” oleh perusahaan-perusahaan Jepang secara terpadu mulai dari pembebasan lahan, pengembangan, desain, pengerjaan konstruksi, hingga manajemen operasionalnya.

Latar Belakang Proyek Proyek ini telah mengakuisisi lahan untuk pengembangan TLID, dan JOIN telah disetujui oleh Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang pada bulan Desember 2017. Berdasarkan persetujuan pada tanggal tersebut, proyek ini diputuskan untuk dikembangkan bersama dengan JOIN.

Pada bulan Januari 2019, bagian kondominium dari proyek ini diluncurkan sebagai "BRANZ Mega Kuningan" dan diterima dengan baik oleh calon pembeli.

Presdir Tokyu Land Indonesia, Hidetatsu Ikeda mengatakan BRANZ Mega Kuningan adalah proyek di daerah penataan ulang berskala besar yang terletak di jantung Kota Jakarta dengan lokasi di CBD Jakarta dan merupakan proyek pengembangan dan penyewaan fasilitas terpadu berskala besar yang terdiri dari kondominium BRANZ Mega Kuningan, perumahan sewa, dan fasilitas komersial dengan luas sekitar 10.000 m2 di dalam area Mega Kuningan sebagai salah satu kawasan yang sedang melakukan pembangunan berskala besar. 

"Proyek ini merupakan proyek pembangunan perkotaan ketiga yang dipimpin oleh Tokyu Land Corporation, setelah BRANZ Simatupang dan BRANZ BSD,"ujar Hidetatsu Ikeda.

Proyek ini, kata dia, juga akan menjadi proyek pengembangan fasilitas terpadu berskala besar dan proyek pengelolaan tempat tinggal sewa pertama yang ditangani oleh Tokyu Land Corporation di Indonesia. Sedangkan pembebasan lahan dan pengembangan oleh TLID, desain dan pekerjaan konstruksi oleh Shimizu Corporation, dan manajemen operasional dilakukan oleh Tokyu Property Management Indonesia (Kantor Pusat: Jakarta) secara terpadu di proyek BRANZ Mega Kuningan.

Proyek “All Japan” seperti ini menjadi hal yang langka terjadi di luar Jepang dimana perusahaan Jepang mengambil inisiatif dalam melakukan operasi di setiap tahap secara konsisten. Selain itu, dengan menggunakan peralatan untuk perumahan dari perusahaan Jepang secara aktif, Tokyu Land Corporation berusaha menawarkan gaya hidup baru di Jakarta yang tumbuh pesat dengan menggunakan teknologi arsitektur dan teknologi canggih Jepang yang unggul berdasarkan pengetahuan mengenai pembangunan di Indonesia.

Desain untuk mengintegrasikan antara Jepang dan Jakarta ini ditangani oleh Field Four Design Office Co., Ltd., sebuah perusahaan grup Shimizu Corporation, dan berkembang sebagai desain yang bertujuan untuk "mengintegrasikan Jepang dan Jakarta" dan "oasis perkotaan".

Proyek ini berada di lokasi penting yaitu di Mega Kuningan bagian barat. Dengan menyediakan jalan bagi sebagian lokasi, memperluas jalan di sekitarnya dan membuat trotoar, secara aktif menghijaukan bagian depan fasilitas komersial lantai pertama dengan mengadopsi desain yang memperhitungkan jalan depan, Tokyu Land Corporation berkontribusi pada realisasi menyediakan area pejalan kaki untuk Jakarta.

Ada yang istimewa di ground breaking ceremony ini bersama 300 customer dengan turut dihadiri Marullah Matali selaku Walikota Jakarta Selatan, Duta Besar Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Masafumi Ishii, Rachmat Gobel selaku Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang dan Wakil Ketua DPR RI, serta 50 rekan media dihadiri saat ditampilkan sebuah iklan berbasis anime Jepang pertama di industri properti Indonesia yang berfokus pada Jepang dan Indonesia yang akan disiarkan dari pemikiran TLID tentang pengembangan kota akan dicitrakan secara apik***