logo

Tidak Penuhi Syarat Dukungan, Pasangan Alam Gagal Maju Di Pilkada Solo Dari Perseorangan

Tidak Penuhi Syarat Dukungan, Pasangan Alam Gagal Maju Di Pilkada Solo Dari Perseorangan

Pasangan Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid (Alam) gagal maju dalam Pilkada Solo dari jalur perseorangan
26 Februari 2020 21:33 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pasangan Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid (Alam) yang maju dari jalur perseorangan gagal maju dalam Pilkada Kota Solo. Pasalnya syarat dukungan pencalonan dari pasangan tersebut tidak memenuhi syarat minimal dukungan sebanyak 35.870 orang. Berkas yang diajukan pasangan Alam ditolak setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo melakukan pengecekan dan penghitungan.

Dari 38.743 berkas dukungan yang diserahkan, hanya 14.557 syarat dukungan memenuhi syarat. Sementara itu, sebanyak 24.186 tidak memenuhi syarat (TMS).

"Pasangan Alam menyerahkan syarat dukungan ke KPU Solo sebanyak 38.743 berkas pada Minggu kemarin pukul 23.00 WIB. Kami langsung melakukan pengecekan berkas dokumen. Hari ini selesai," jelas Komisioner Divisi Tehnis Penyelenggaraan KPU Solo, Suryo Baruno, Rabu (26/2/2020).

Menurut Suryo, berkas yang dinilai tidak lengkap tersebut karena banyak ditemukan form ganda, tidak ada KTP, tandatangan. Bahkan form hanya menulis nama saja. Hasil pengecekan dan penghitungan berkas tersebut dibacakan Ketua KPU Solo Nurul Sutarti didampingi anggota komisioner KPU Solo dihadapan tim pasangan Alam.

Selanjutnya KPU Solo memberikan berita acara penolakan berkas dukungan kepada pasangan Alam. Menanggapi hasil tersebut, Kuasa Hukum Alam, Awod mengatakan pihaknya akan melaporkan ke Bawaslu Solo dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu).

"Kami dari tim guyub rukun yang mengusung Abah Ali dan Gus Amak cukup terkejut. Banyak hal yang menjadi catatan kami yang dilakukan oleh KPU Kota Solo," ujarnya.

Awod mengatakan ada hal-hal yang tidak masuk akal yang dilakukan KPU Solo. Pihaknya juga menilai KPU tidak konsisten dan aturannya tidak jelas.

Sementara itu Anggota Bawaslu Solo, Poppy Kusuma mengatakan bakal pasangan calon bisa mengajukan upaya hukum dengan mengajukan permohonan sengketa kepada Bawaslu. Dengan batas waktu maksimal 3 hari kerja.

"Hari ini sudah dihitung satu hari sampai Jumat pukul 24.00.WIB kita tunggu saja, tentu Bawaslu sudah siap," kata Poppy.

Dengan ditolaknya berkas dari pasangan Alam, maka hanya satu bapaslon perseorangan yang dinyatakan berkasnya diterima. Yakni pasangan Bajo (Bagyo Wahyono-FX Supardjo). Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi administrasi mulai tanggal 27 Februari-15 Maret. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto