logo

Pertemuan Golkar-PKS, Airlangga: Hanya Silaturahmi Partai Politik

Pertemuan Golkar-PKS, Airlangga: Hanya Silaturahmi Partai Politik

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman di kantor DPP Golkar, Anggrek Nelly, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2020).
25 Februari 2020 22:59 WIB
Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman di kantor DPP Golkar, Anggrek Nelly, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2020).

Usai menggelar pertemuan secara tertutup sekira 1 jam, Airlangga mengatakan pertemuan ini hanyalah silaturahmi antara kedua partai politik.

"Ini merupakan pertemuan silaturahmi yang sudah beberapa waktu yang lalu direncanakan dan baru terlaksana pada malam hari ini," kata Airlangga.

Meski demikian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu membeberkan bahwa dalam pertemuan itu membahas banyak hal terutama terkait peluang koalisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Beberapa hal termasuk di dalam Pilkada ada beberapa daerah yang antara PKS dan Golkar ada kerjasamanya. Nah tentu dengan silaturahmi ini banyak hal yang bisa dibicarakan,” kata Airlangga.

Kendati demikian, Airlangga belum bisa menyampaikan berapa daerah yang nantinya partai Golkar bakal berkoalisi dengan PKS. Pasalnya, kata Airlangga hal tersebut masih dibahas dan dipetakan.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas proses Omnibus Law Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja dan Perpajakan. Airlangga mengklaim, baik PKS dan Golkar bersepakat akan mengawalnya guna mendorong transformasi struktural perekonimian melalalui dua RUU tersebut. 

“Tentunya berlandaskan tujuan untuk mereform perekonomian untuk kesejahteraan rakyat mengutamakan usaha-usaha kecil dan menengah dan juga berasaskan dalam koridor-koridor konstitusi dan juga dalam koridor kesejahteraan dan keadilan,” pungkas Airlangga.

Senada dengan Airlangga, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan kedua partai membentuk tim untuk menyisir daerah-daerah yang berpeluang kerjasama di Pilkada.

"Dari assesment kami DPP PKS ternyata banyak potensi atau peluang PKS dengan Golkar untuk melakukan kerja sama di dalam Pilkada 2020 ini," ujar dia.

Pertemuan ini, dihadiri oleh elit kedua partai antara lain dari PKS, selain Sohibul Iman, ada juga Sekjen PKS Mustafa Kamal, Jazuli Juawini, Adang Daradjatun dan Muzamil Yusuf. 

Sementara Golkar, Ketum Airlangga didampingi oleh Sekjen Golkar, Lodewijk Frederick Paulus, Wakil Ketua Umum, Agus Gumiwang Kartasasmita, Ahmad Doli Kurnia, Azis Syamsudin, Roem Kono, Nurul Arifin, Hetifah Sjaifudian, Rizal Mallarangeng, Ketua Bidang DPP Meutya Hafidz dan Aksa Mahmud.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto