logo

Penyempurnaan Baterai Lithium Yang Murah Dan Berkualitas Terus Dilakukan UNS

Penyempurnaan Baterai Lithium Yang Murah Dan Berkualitas Terus Dilakukan UNS

Tiga guru besar UNS, Prof Dr Agus Purwanto, Prof Dr Winny Astuti serta Prof Dr Asrowi, akan dikukuhkan dalam sidang senat di Auditorium UNS
25 Februari 2020 18:48 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Penyempurnaan baterai lithium yang dikembangan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah terus dilakukan. Menurut dosen Fakuktas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr Eng Agus Purwanto ST, MT saat ini dirinya fokus pada pengembangan baterai lithium yang murah, berkualitas, aman dan awet.

"Untuk membuat baterai lithium yang murah, ada yang perlu dilakukan yaitu mengembangkan proses yang efisien dengan menggunakan raw material yang murah," jelas Prof Agus kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (25/2/2020).

Menurut Prof Agus, untuk membuat proses menjadi efisien, dikembangkan konsep produksi dengan zero waste. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan lagi limbah material aktif yang dibuang dari proses produksi.

"Karakteristik baterai lithium yang lain yang perlu menjadi perhatian adalah keamanan baterai. Untuk membuat baterai yang aman, penggunaan liquid elektrolit perlu dikurangi," jelasnya lagi.

Prototipe baterai lithiun tersebut telah dibuat dan diuji. Pengujian baterai dilakukan pada kendaraan listrik dan sebagai penyimpan energi untuk sistem sel surya. Dari pengujian lapangan yang dilakukan diperoleh hasil yang memuaskan dan mampu digunakan sejauh 30 kM/1kWh baterai tergantung dari kondisi jalan.

Sedang pada penggunaan sistem penerang jalan menggunakan sel surya, baterai pack yang digunakan mampu untuk memasok daya penerangan lampu jalan.

Pengembangan baterai lithium tersebut mengantarkan Prof Agus menjadi Guru Besar UNS ke-217 dan ke-13 Fakultas Teknik. Dengan pidato berjudul Baterai: Sumber Energi Inovasi Masa Depan, Prof Agus akan dikukuhkan dalam sidang senat di Auditorium GPH Haryo Mataram, Rabu (26/2/2020).

Selain mengukuhkan Prof Agus Purwanto, UNS juga mengukuhkan dua guru besar lainnya. Yakni Prof Ir Winny Astuti M.Sc, Ph.D sebagai Guru Besar ke -12 Fakultas Teknik dan ke-216 UNS serta Prof Dr Asrowi M.Pd sebagai Guru Besar ke-64 FKIP dan ke-218 UNS.

Prof Winny akan membacakan pidato pengukuhan berjudul Pembangunan Perumahan Berbasis Masyarakat sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota. Sedangkan Prof Asrowi akan membacakan pidato berjudul Konseling Spiritual Sebagai Alternatid Penguatan Karakter Era 5.0 di Bidang Pendidikan. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH