logo

Pemkab Sragen Dukung Pengembangan BUMDes

Pemkab Sragen Dukung Pengembangan BUMDes

Bupati Sragen dr Yuni Sukowati (kiri) berbincang-bincang dengan Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Prof. Dr Haryono Suyono (kanan).(foto,ist)
25 Februari 2020 14:41 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - SURAKARTA: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, Jawa Tengah (Jateng), sangat mendukung dan mendorong pembangunan serta pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa-desa di wilayahnya. Ini terlihat dari telah banyak dikembangkan BUMDes di desa-desa di Sragen.

Hal itu mengemuka, saat Bupati Sragen dr Yuni Sukowati berbincang-bincang dengan Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Prof. Dr Haryono Suyono, di Surakarta, Jateng, Senin (24/2/2020).

Dia menyatakan sangat mendukung dan mengawal upaya pembangunan desa dan masyarakat desa yang dikembangkan dewasa ini. Seperti diketahui Bupati Sragen dr Yuni Sukowati merupakan putri Bupati Sragen terdahulu Untung Wiyono. B

Untung, saat menjabat, dikenal sangat aktif dalam mengembangkan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) melalui berbagai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Neger Sebelas Maret (UNS). Sementara, Posdaya merupakan program pemberdayaan, yang dilahirkan oleh Prof dr Haryono Suyono.

Kala itu, Prof Haryono dan Bupati Untung bekerja sama mengembangkan Posdaya. Tak sedikit pula penemuan dan inovasi yang efektif untuk pengembangan desa dilakukan. Sehingga, desa di Sragen banyak yang dijadikan percontohan dari Provinsi Jateng.

Hal ini pula yang membuat perbincangan Bupati Sragen saat ini dr Yuni Sukowati akrab dengan Prof Haryono Suyono. Menanggapi kemungkinan peninjauan di Sragen, dengan spontan Bupati Sragen menyambut gembira, untuk melihat bagaimana Kabupaten Sragen membangun desa dan masyarakat desa.

Kabupaten Sragen dikenal memiliki Makam Mantan Presiden HM Soeharto dan Ibu Tien Soeharto serta Keluarga Raja-raja yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi destinasi Wisata Religius. Bupati Sragen menyebutkan, beberapa Kepala Desa dewasa ini sedang mengembangkan wisata religius tersebut.

Editor : Gungde Ariwangsa SH