logo

Luar Biasa !!! Bupati AFU Pimpin Raja Ampat Raih Predikat "B" Penghargaan SAKIP 2019

Luar Biasa !!! Bupati AFU Pimpin Raja Ampat Raih Predikat

Foto: Humas Kabupaten Raja Ampat
25 Februari 2020 09:00 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - YOGYAKARTA:Luar biasa. Terbukti, Bupati Abdul Faris Umlati (AFU) mampu memimpin Kabupaten Raja Ampat  dalam  berbagai bidang pembangunan, membawanya  meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019,  dengan predikat atau  nilai B.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, yang diterima  Bupati AFU di Ballroom Hotel Tentrem, Yogyakarta Senin (24/2/2020).

Didampingi Kabag Humas Raja Ampat, Harun, Bupati AFU,  menjelaskan bahwa SAKIP 2019 nilainya  atau predikatnya B. Nilai B itu dari evaluasi penilaian  melalui  SAKIP  sehingga  pihaknya  menyampaikan terima kasih kepada  pimpinan OPD dan ASN di Raja Ampat  yang sudah membantunya meraih prestasi membanggakan itu.

“Selaku pemerintah daerah bersama seluruh jajaran tentu kita bersyukur  karena  meraih  penghargaan  SAKIP tahun 2019 dengan predikat B. Namun kita  tentu tak boleh terlena hanya dengan  hasil itu tapi justru  hasil ini lebih memacu kita untuk meraih prestasi lebih tinggi bila perlu ke peringkat “A” di tahun-tahun mendatang.

Bupati AFU, menekankan paling penting dalam menyusun program adalah  efesiensi dan efektif sehingga  kebocoran dapat terhindari. Penekanan ini terus disampaikan kepada OPD dan para ASN di Pemda Raja Ampat.  Hasilnya,lanjutnya,  ya seperti yang  ada saat ini  “meraih penghargaan SAKIP” dengan nilai atau predikat B.

 “Pembangunan  di Raja Ampat  memang  programnya  terarah pada apa yang menjadi prioritas. Dengan kata lain, untuk kebutuhan atau kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah. Ke depan program pembangunan  terus  ditingkatkan agar  kesejahteraan masyarakat  terjaga baik,”katanya.

Sebuah catatan  bagi Provinsi Papua Barat bahwa di daerah ini hanya dua kabupaten yang menerima  penghargaan  SAKIP 2019 dengan nilai B. Antara lain, kabupaten Raja Ampat dan kabupaten Teluk Wondama.

“Hanya dua kabupaten  di Provinsi Papua Barat yang  meraih predikat “B SAKIP” 2019 dari Kementerian PAN dan RB. Artinya, Bupati AFU selama ini sudah bekerja maksimal untuk membangun  Raja Ampat di masa kepemimpinannya  selama ini,”kata  Tontji, warga Raja Ampat di  Kota Sorong, Senin (24/2/2020) malam.

Satu  penilaian baik   dari masyarakat  terhadap Bupati AFU, adalah kejujurannya  menyatakan sesuatu tanpa  yang  disembunyikan  apalagi  terlupakan.

“Saya ingat waktu kampanye  4 tahun lalu Bupati AFU berjanji membangun  Gereja dan Masid di Raja Ampat dan terbukti dilakukan saat ini,”katanya.

“Sebagai warga Raja Ampat saya mau katakan, bahwa orang luar jangan memberikan pengaruh tidak baik di Raja Ampat. Karena, kami di daerah kepulauan ini sudah merasa  pembangunan yang dilakukan  Abdul Faris Umlati (AFU) sebelum ia menjadi bupati seperti saat ini,”kata Tontji salah satu warga Raja Ampat yang ditemu suarakarya.id,  di Pelabuhan Sorong, Senin (24/2/2020 malam.

Ia menilai, kabupaten Raja Ampat dan kabupaten teluk Wondama meraih predikat “ B “ SAKIP 2019 dari pemerintah pusat sangat pantas. Karena, lanjutnya, dana pembangunan di dua kabupaten ini terlihat dan dirasakan oleh masyarakat lapis bawah.

“Diharapkan 5 tahun periode ke-2  penghargaan  itu ditingkatkan ke  nilai maksimal karena  masyarakat kabupaten  Raja Ampat benar-benar merasakan pembangunan di sana,”kata Tontji, yang  adalah  Orang Asli Papua (OAP) Raja Ampat. ***