logo

Takut Virus Corona, Band K-Pop Korsel BTS Minta Penggemarnya Menjauhi Mereka

Takut Virus Corona, Band K-Pop Korsel BTS Minta Penggemarnya Menjauhi Mereka

Grup pop BTS menggelar acara tanpa penggemar dan kehadiran wartawan karena takut wabah virus corona yang menyebar di Korea Selatan
25 Februari 2020 00:52 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - SEOUL: Grup pop BTS meminta penggemar untuk menjauh dari acara mereka untuk mencegah penyebaran coronavirus. Band Korea Selatan itu dijadwalkan untuk syuting beberapa acara TV di Seoul minggu ini, menandai rilis album terbaru mereka, Map Of The Soul: 7.

Perusahaan rekaman BTS, Big Hit, dalam email ke anggota klub penggemar, mereka mengatakan pertunjukan akan dilanjutkan, tetapi tanpa penonton di studio. Konferensi pers juga akan diadakan tanpa anggota pers.  

"Kami telah memutuskan untuk sepenuhnya bekerja sama dengan kebijakan pemerintah untuk menahan diri dari mengadakan acara dengan sejumlah besar peserta untuk mencegah penyebaran virus corona," tulis pernyataan Big Hit seperti dilaporkan bbc.com.

"Kami ingin menyarankan penggemar untuk tidak mengunjungi tempat konferensi pers demi keselamatan Anda sendiri, dan meminta Anda untuk mendukung BTS dengan menonton konferensi pers melalui streaming langsung."

BTS masih akan muncul di chart K-Pop show MCountdown, dijadwalkan untuk disiarkan pada 27 Februari; dan Inkigayo, program gaya Top Of The Pops yang difilmkan di Seoul setiap hari Minggu, meskipun tidak ada penonton.

"SBS Super Concert" profil tinggi yang menampilkan BTS bersama bintang K-pop lainnya Zico, NCT 127 dan Cherry Bullet, sebelumnya telah ditunda setelah pecahnya virus corona di kota tenggara Daegu.

Korean Music Awards, tempat BTS dinominasikan sebagai artis terbaik dan lagu terbaik tahun ini, juga telah dibatalkan. Pemenang sekarang akan diumumkan secara online pada 27 Februari.

Dalam sebuah email, BTS meminta maaf kepada penggemar mereka yang telah "berharap untuk menghadiri pertunjukan", menambahkan: "Terima kasih atas pengertiannya".

Meskipun mengurangi rencana promosi mereka, album terbaru BTS diperkirakan akan menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia minggu ini.

Album ini mengumpulkan pre-order 4.02 juta kopi, menurut Big Hit, yang akan membuatnya menjadi album terlaris di dunia sejak Ed Sheeran's Divide pada 2017.

Di Inggris, Official Charts Company mengatakan, Map Of The Soul: 7 mengalahkan total tiga saingan terdekatnya, semuanya menjamin slot nomor satu pada hari Jumat.

BTS saat ini berada di AS, di mana mereka akan tampil di acara obrolan larut malam Jimmy Fallon dan James Corden sebelum pulang untuk spesial TV Korea mereka.

Coronavirus telah berdampak besar pada industri hiburan di Asia, dengan beberapa tindakan membatalkan tur mereka.

Stormzy menunda tanggal di Shanghai, Hong Kong, Singapura dan Malaysia bulan depan; sementara band K-pop Got7 membatalkan tiga pertunjukan stadion di Thailand dan Singapura.

Penayangan perdana film James Bond terbaru di China, No Time To Die, juga telah dibatalkan;

Tujuh orang telah meninggal akibat virus corona di Korea Selatan, dengan lebih dari 760 terinfeksi. Sekitar 7.700 tentara telah dikarantina setelah 11 anggota militer didiagnosis menderita penyakit ini.***