logo

PP PPM Harapkan Keluarga Besar TNI Menjadi Garda Terdepan Bela Negara

PP PPM Harapkan Keluarga Besar TNI Menjadi Garda Terdepan Bela Negara

Putra putri TNI yang tergabung dalam PP PPM mengukuti sosialisasi bela negara, Kamis (20/2/2020)).
20 Februari 2020 23:20 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kegiatan pembinaan teritorial (Binter) TNI yang melibatkan Keluarga Besar TNI, pada hakikatnya adalah suatu kegiatan untuk mewujudkan keutuhan NKRI yang tangguh dalam rangka menjaga Pancasila dan UUD 1945.

Adapun kegiatan itu adalah program Bela Negara yang harus dilaksanakan secara terstruktur, sistematis dan massif, yang tentunya sangat diharapkan adanya partisipasi aktif dari Keluarga Besar TNI.

Hal tersebut disampaikan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KASAD) Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari, saat memberi sambutan pada Kegiatan Komunikasi Sosial dengan Keluarga Besar TNI tingkat Pusat TW I Tahun Anggaran 2020 di Maditziad Jl.Kesatrian II No.1, Matraman Jakarta Timur.

Pada moment itu, telah diselenggarakan acara Komsos dengan Keluarga Besar TNI Tingkat Pusat TW I TA 2020,Kamis (20/2/2020 ).

"Seluruh anggota Keluarga Besar TNI hendaknya memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik serta terlatih dalam mengimplementasikan Bela Negara dalam rangka menjaga Pancasila dan UUD45," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga (PPM) Berto Izaak Doko, kepada wartawan mengatakan bahwa sangat mengapresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.

"Kami sebagai anak kandung para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, yang juga tidak dapat dilepaskan dari Keluarga Besar TNI, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini," ucap Berto Izaak , yang hadir bersama Ketua Pengurus Daerah PPM Prov DKI Jakarta beserta jajarannya sebanyak 39 orang.

Menurutnya, penyelenggaraan yang di fasilitasi Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat ini merupakan Momentum strategis bagi Keluarga Besar TNI agar lebih mengendepankan kepentingan bangsa dan negara, di atas kepentingan golongan, itulah makna sesungguhnya dari implementasi Bela Negara, karena itulah Keluarga Besar TNI mesti menjadi garda terdepan pelaksanaan Bela Negara.

Selain itu, imbuh Berto, dikesempatan kegiatan ini, juga diharapkan adanya upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di kalangan Keluarga Besar TNI, agar dapat berdaya guna berkonstribusi strategis untuk mewujudkan Indonesia Maju.

"SDM yang unggul dan berkualitas juga merupakan penerapan dari Bela Negara dalam rangka optimalisasi ketahanan Negara, ketahanan Pancasila dan UUD1945 untuk wujudkan Indonesia Maju," tutur Berto.

Acara yang juga di hadiri Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri TNI (FKPPI) Ponco Sutowo, Ketum DPP Himbunan Putra Putri Angkatan Darat, dan dari unsur Keluarga Besar TNI lainnya berlangsung penuh dengan keakraban.