logo

Persebaya Juarai Piala Gubernur Jatim 2020

Persebaya Juarai Piala Gubernur Jatim 2020

Foto : Istimewa
20 Februari 2020 21:40 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bangga pada Persebaya Surabaya yang unggul telak 4-1 melawan Persija dalam laga final Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020) sore. Gubernur wanita pertama di Jatim itu mengucapkan selamat untuk Persebaya yang keluar sebagai kampiun dalam turnamen ini.

Menurut Gubernur Khofifah, Persebaya sudah bermain sangat luar biasa dalam event ini. "Persebaya bermain cantik, cepat dan menyerang. Persija juga luar biasa semangatnya," ujarnya usai pertandingan.

Dalam laga yang stadion yang didominasi suporter pendukungnya Bonek itu, Persebaya menjebol gawang lawan melalui kaki Oktafianus Fernando (4), Makan Konate (53), Ricky Kambuaya (56) dan Mahmoud Eid (80). Satu-satunya gol Persija dicetak oleh Marko Simic (43).

Tertinggal 3-1 atas Persebaya hingga menit 56, Persija coba merespon positif. Pelatih Sergio Farias memasukkan pemain baru, Ramdhani Lestaluhu menggantikan Tony Sucipto di menit 58.

Sementara Persebaya memasukkan M Hidayat menggantikan Ricky Kambuaya menit 69. Masuknya sejumlah pemain baru menjadikan permainan semakin menarik. Hingga wasit meniup pluit panjang, skor 4-1 untuk keunggulan Persebaya tidak berubah dan menjadi hasil akhir.

Dengan hasil ini maka Persebaya menjadi juara Piala Gubernur Jatim 2020. Prestasi ini merupakan yang kedua bagi Persebaya sepanjang 13 kali gelaran Piala Gubernur Jatim sejak 2002 lalu.

Sementara, prosesi pengamanan final sepak bola Piala Gubernur ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan. Pihaknya sudah melakukan pengamanan sejak pukul 10.00 Wib dan ada apel secara keseluruhan.

Pola pengamanan yang dilakukan sesuai dengan SOP dan Protap yang sudah dibuat yakni polda ring 1, ring 2, ring 3, ring 4. “Dan saat ini anggota yang di ring 4 terhadap benda-benda berbahaya sajatm, ketapel, gir dan lain-lain,” ujarnya.

Pihaknya sudah berulangkali meminta masyarakat untuk tertib. “Di Surabaya juga sudah disediakan kantong-kantong untuk nobar hampir setiap kecamatan polsek dan polres," ujarnya.

Untuk mencegah hal-hal tak diinginkan, pihaknya melakukan pemeriksaan pada pengendara yang mengarah ke Sidoarjo terutama ke arah stadion. Pihaknya juga sudah memerintahkan pada anggotanya untuk melakukan sweeping dan melakukan pemeriksaan di pintu-pintu masuk ke Sidoarjo seperti Porong, Waru dan pintu-pintu masuk tol.

Untuk jumlah personil, Polda menerjunkan 5.704 personil di lapangan. termasuk di luar dan titik-titik tertentu hingga secara keseluruhan jumlahnya mencapai 8.900 personil.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH