logo

Cegah Korupsi Dimulai Dari Rumah Sendiri, Gubernur Anies Layak Menjadi Contoh

Cegah Korupsi Dimulai Dari Rumah Sendiri, Gubernur Anies Layak Menjadi Contoh

Gubernur DKI Anies Baswedan
09 Desember 2019 16:04 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga mengatakan pencegahan budaya korupsi harus dimulai dari rumah sendiri.

Menurut aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) senior ini, tindakan korupsi itu sangat dipengaruhi kehidupan yang konsumtif.

Di dalam suatu keluarga apa bila istri, anak, mantu, besan dan cucu berperilaku konsumtif yang memaksakan kehendak kepada suami, besan atau kakek yang notabene seorang pejabat, atau memiliki kewenangan membuat kebijakan, dengan perilaku konsumtif tadi akan mendorong atau memaksa melakukan tindakan-tindakan yang merugikan negara seperti korupsi dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari figur Anies Baswedan yang kepala rumah tangga, dan kehidupan rumah tangganya harmonis,sederhana bisa menjadi contoh.

Apa lagi dalam memimpin Pemprov DKI yang humanis dan keberpihakan kepada masyarakat Jakarta. "Untuk itu saya mendukung dan mendorong Gubernur Anies menjadi contoh budaya anti korupsi," kata Rico yang juga  Ketua FKDM DKI  dan Ketua LP3D ( Lembaga Penelitian dan Pengkajian, Pemerintahan Daerah) pernah mendapat BTP ( Bersih Transparancy dan Profesional) dari lembaga Transparancy Internasional.

Seperti pesan Ibunda Anies Baswedan : Korupsi tidak hanya merugikan masyarakat, tapi juga mempermalukan keluarga. Terlebih untuk seorang ibu yang melahirkan kita.

"Nak jangan pernah kau korupsi. Bila sampai kau korupsi, maka kau biarkan rahim ibumu dulu menjadi tempat lewatnya calon koruptor. Banggakan ibu, jauhi korupsi, " pesan ibunda.

Pernyataan Rico tersebut di atas  dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional hari Sabtu (9/12/2019). Di mana masyarakat Jakarta pantas memberikan penghargaan kepada Gubernur Anies sebagai figur Anti Korupsi.

Editor : Yon Parjiyono