logo

Kualifikasi Piala Asia 2020: Penentuan, Indonesia Siap Redam Korea Utara

Kualifikasi Piala Asia 2020: Penentuan, Indonesia Siap Redam Korea Utara

09 November 2019 18:49 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kemenangan demi kemenangan dalam Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19  mengantar tim nasional Indonesia berada di atas angin. Dengan mencukur Timor Leste 3-1 dan menggunduli Hong Kong 4-0 maka pasukan Garuda Muda memimpin klasemen. Dengan nilai enam, Indonesia mengungguli Korea Utara (nilai 4), Hong Kong (1) dan Timor Leste (0). Indonesia tinggal selangkah lolos ke putaran final  di Uzbekistan tahun depan.

Indonesia tinggal menghadapi Korut dalam partai terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Partai ini akan menjadi penentu lolos tidaknya Indonesia ke putaran final. Namun melihat hasil yang diraih Indonesia dan Korut dalam dua pertandingan sebelumnya tampak peluang pasukan Garuda lebih besar dari Korut.

Kalau mampu menang atas Korut maka Indonesia akan lolos dengan predikat sempurna tanpa kehilangan poin. Tetapi hasil imbang pun sudah akan meloloskan tim asuhan pelatih Fachri Husaeni itu. Kalah juga belum menutup peluang Indonesia karena masih terbuka untuk lolos dari perhitungan runner up terbaik.

Meskipun beberapa jalan terbuka lebar namun Indonesia tidak bisa bermain santai melawan Korut. Kemenangan harus tetap menjadi target untuk sehingga jalan benar-benar mulus dan aman seratus persen. Hasil imbang memang akan tetap meloloskan pasukan Merah Putih namun itu jangan sampai menjebak penampilan saat melawan Korut.

Bermain pada Hari Pahlawan, 10 November, para pemain Indonesia perlu mengobarkan semangat para pahlawan untuk meraih kemenangan. Mampu meredam Korut akan menjadi kado indah pada Hari Pahlawan. Kesempatan ini jangan sampai lepas saat bermain di negeri sendiri.

Korut tentunya bukan lawan yang enteng. Apalagi kini Korut berada dalam kondisi terjepit. Tentunya Korut juga ingin memetik kemenangan untuk mengamankan langkah ke Uzbekistan. Menang akan membuat Koriut meraih nilai tujuh, unggul satu poin atas Indonesia.

Melihat hal tersebut pertandingan kedua tim nanti akan berlangsung seru. Indonesia dituntut pantang menyerah untuk menandingi keuletan dan kealotan Korut. Selain itu Indonesia juga perlu waspada dalam menahan gempuran serangan pemain Korut yang akan melesat seperti rudal nuklir.

Tidak ada pilihan bagi Indonesia untuk tampil cerdik menghadapi Korut. Pasukan Garuda perlu menghadirkan kejutan awal dengan lebih dulu menggempur pertahanan Korut. Sekecil apa pun peluang perlu dimanfaatkan untuk mencetak gol. Kemampuan mencetak gol lebih dulu akan memberikan efek kejut untuk Korut.
Hal itu akan membuat Korut meningkatkan serangan. Di sinilah kejelian memanfaatkan ruang dengan serangan balik untuk menggedor pertahanan Korut. Dalam kondisi demikian Indonesia jangan sampai lengah dalam menata pertahan.

Kewaspadaan mengawal pertahanan perlu terus dijaga sejak awal. Dari sini saluran mendukung kejelian dibuka untuk menghantam pertahanan lawan. Di belakang tanpa kompromi, di tengah cerdik, di depan jeli.

Itulah kunci Indonesia untuk bisa meredam nuklir Korut. Indonesia bisa melakukan ini kali ini. Jika itu terwjud maka akan menjadi catatan manis untuk menghapus kenangan buruk ketika Indonesia dikalahkan secara menyakitkan melalui adu penalti dalam penyisihan Olimpiade 1976. Jadi mari kita dukung Timnas U-19. ***