logo

PMPP Terima Kunjungan Joint Staf College Japan Ministry Of Deffence

PMPP Terima Kunjungan Joint Staf College Japan Ministry Of Deffence

(Foto: Humas PMPP TNI/suarakarya.id/dwiputro aa)
09 November 2019 05:59 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - SENTUL: Dalam rangka mengetahui lebih jauh tentang keterlibatan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI dalam Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia (OPPD), sebanyak 16 Siswa Joint Staff Collage Ministry of Defence Jepang yang dipimpin oleh Ketua Delegasi, Colonel Takekuma yang didampingi oleh Captain Navy Takahiro Yamashita, Atase Pertahanan Jepang untuk Indonesia dan Arisa Saito, Staff Kedubes Jepang untuk Indonesia mengunjungi PMPP TNI. 

Mereka diterima oleh Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus diwakili oleh Direktur Pembinaan Kerjasama Internasional dan Informasi (Dirbinkersinfo), Kolonel Adm Victor R.C.J George S.IP., MPACS., MMA beserta jajaran Staf PMPP TNI bertempat di Markas Komando (Mako) PMPP TNI, Sentul Bogor (8/11/2019).

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Dirbinkersinfo, Komandan PMPP TNI menjelaskan secara umum tentang PMPP TNI. Selain itu Brigjen Victor juga berharap bahwa kerjasama Triangular Partnership Project antara Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) , Jepang dan Indonesia dapat direalisasikan pada tahun depan (2020).

Kegiatan berlanjut dengan sambutan Ketua Delegasi Jepang, Colonel Takekuma yang memperkenalkan para delegasi yang datang ke PMPP TNI kemudian menjelaskan secara singkat tentang keterlibatan Peacekeepers Jepang dalam OPPD. Colonel Takekuma juga menyampaikan keinginan delegasi Jepang untuk “Share Information” dengan PMPP TNI mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Pasukan Perdamaian Indonesia di daerah misi perdamaian.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan oleh Paparan Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Internasional (Kersin), Letkol Mar Burhanudin mengenai kerjasama internasional yang telah dan akan terjalin antara PMPP TNI dengan stakeholder lain dalam lingkup misi pemeliharaan perdamaian. Letkol Burhan juga menjelaskan bahwa Indonesia saat ini berada pada rangking ke-8 pada Top 10 Troop Contributing Country (TCC) yang dirilis oleh United Nations/PBB.

Pada sesi tanya jawab, timbul rasa ingin tahu dari salah satu peserta delegasi Jepang mengenai Batalion Gerak Cepat (BGC) atau yang lebih dikenal dengan Rapidly Deployable Battalion (RDB) MONUSCO, dimana dijelaskan oleh Dirbinkersinfo tentang keberhasilan yang telah dicapai oleh satgas tersebut memperoleh lebih dari 50 pucuk senjata dari para ex combatan Kongo. 

Hal tersebut tidak lepas dari Best Practice dan Lesson Learned yang diterima oleh satgas saat menjalankan Pre Deployment Training (Latihan Pratugas) di PMPP TNI.

Keberhasilan satgas RDB MONUSCO juga diakui oleh PBB, yang dinyatakan melalui Under-Secretary General for Peace Operation, Mr Lacroix pada saat kunjungannya ke PMPP TNI pada bulan Juni yang lalu.

Lebih lanjut, Kolonel Victor George menegaskan bahwa Masyarakat Indonesia sejauh ini memberikan respon yang sangat positif kepada Pasukan Garuda yang juga merupakan “Duta Bangsa Indonesia” di daerah misi Perdamaian Dunia. (Humas PMPP TNI) ***