logo

KAI Gelar Pengobatan Gratis Menggunakan Rail Clinic

KAI Gelar Pengobatan Gratis Menggunakan Rail Clinic

Salah seorang pasien berkursi roda saat dibantu petugas medis.
07 November 2019 17:37 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: PT Kereta Api Indonesia menggelar bakti sosial (baksos) pengobatan gratis menggunakan kereta kesehatan. Baksos menggunakan kereta hasil modifikasi kereta diesel bernama Rail Clinic ini digelar di Stasiun Babat, Lamongan.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, kegiatan menggunakan Rail Clinic  generasi ke-4 ini merupakan kegiatan kedua kalinya tahun ini. "Sebelumnya, kegiatan ini telah kami gelar di Stasiun Tarik, Sidoarjo, pada 18 Juli 2019 lalu," ujarnya, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan yang dikaitkan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional dikemas dengan nuansa kepahlawanan. Para petugas pelayanan kesehatan itu memakai baju pejuang RI tempo dulu. 

Pihaknya juga menghadirkan manusia robot merah putih untuk menghibur para pasien cilik. KAI juga membagikan berbagai macam souvenir hingga balon secara gratis kepada para pengunjung Stasiun Babat. 

Selain pengobatan gratis dan penyuluhan, pihaknya juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis kepada ratusan siswa-siswi SDN setempat. Pembagian kacamata diberikan kepada para siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata. 

KAI juga memberikan peralatan olah raga kepada SDN 8 Babat dan Karang Taruna Remaja Gilang KA. Bantuan peralatab itu berupa 4 buah bola sepak, 4 buah bola voli, dan 1 net.

Bhakti sosial di Stasiun Babat ini, melibatkan 17 tenagga medis yang terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 orang bidan,  dan sebagainya. Jumlah peserta dalam kegiatan pengobatan gratis kali ini mencapai 300 orang. 

Sementara Rail Clinic yang dimiliki KAi ini terdiri dari dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya difungsikan sebagai kereta penyuluhan. Sementara kereta perpustakaan yang dinamakan Rail Library berisi beragam buku pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang hadir.

Rail Clinic pertama kali diluncurkan pada 2015 lalu, dan dianugerahi rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia. Rail Clinic merupakan wujud kepedulian sosial sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) KAI di bidang kesehatan. 

Kereta kesehatan itu, menurut Suprapto, sengaja disediakan untuk memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas pelayanan kesehatan.***

 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto