logo

Danlanud Halim Perdanakusuma Pimpin Apel Khusus Realokasi Dua Pesawat C-130 Hercules

Danlanud Halim Perdanakusuma Pimpin Apel Khusus Realokasi Dua Pesawat C-130 Hercules

Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M.Tonny Harjono, SE., saat membuka stiker lambang Skadron 17 menjadi Skadron 31, di depan Hanggar Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma. (Pen Lanud Halim P.)
16 Oktober 2019 10:00 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Komandan Lanud Halim Perdanakusuma memimpin apel khusus realokasi dua Pesawat C-130 Hercules A-1314 dan A-1341 dari Skadron Udara 17 ke Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma.

Acara penyerahan kedua pesawat TNI AU ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Komandan Skadron Udara 17 Letkol Pnb Erwin Harfansa kepada Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Puguh Yulianto, dan disaksikan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M.Tonny Harjono, S.E., di depan Hanggar Skadron Udara 17, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019).

Dalam rangkaian acara penyerahan kedua pesawat,  dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dengan pelepasan lambang Skadron Udara 17 pada pesawat C-130 Hercules A-1314 menjadi logo Skadron Udara 31 oleh Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, dan disaksikan  oleh Komandan Wing Udara 1, para Kepala Dinas, Komandan Satuan dan para Kepala/Kasi dijajaranLanud Halim Perdanakusuma.

  Danlanud Halim Perdanakusuma dalam sambutannya mengatakan ke dua pesawat C-130 Hercules A-1341 dan A-1314 yang sejak  kedatangannya tahun 1980-an merupakan pesawat angkut VIP/VVIP yang memiliki peranan penting dalam menunjang operasional penerbangan VIP/VVIP Lanud Halim Perdanakusuma, khususnya Skadron Udara 17.

Namun sejalan dengan dinamika organisasi TNI Angkatan Udara, terutama pada satuan-satuan setingkat skadron udara, yakni dengan terbentuknya Skadron Udara 33 di Lanud Sultan Hasanuddin, Makasar, maka keberadaan alutsista pesawat angkut berat jenis C-130 Hercules, menjadi perhatian utama dalam mendukung operasional ketiga skadron udara tersebut, ujarnya. 

 Atas dasar pertimbangan itulah, lanjut Danlanud, maka pimpinan TNI AU berupaya me-realokasi kedua pesawat tersebut ke Skadron Udara 31, guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas dimasa mendatang, dengan tetap memfungsikan kedua pesawat sebagai pesawat VIP/VVIP.

Danlanud Halim Perdanakusuma mengharapkan  dengan bertambahnya dua armada ini, tugas-tugas yang diemban Skadron Udara 31 dalam mendukung setiap tugas TNI AU, baik tugas operasi maupun mendukung kegiatan VIP/VVIP, dapat berjalan dengan baik.

 “Rawat dan peliharalah demi kelangsungan tugas kita dimasa mendatang”,  pinta Danlanud.

Diakhir sambutannya Danlanud Halim Perdanakusuma menekan budaya safety pada setiap pelaksanaan tugas, baik secara individu maupun tim, sebagai upaya pencegahan terjadinya incident maupun accident.

Danlanud Halim Perdanakusuma juga menyampaikan tentang penggunaan media sosial.  

“Bijaklah dalam bermedia sosial, untuk keamanan dan kenyamanan kita Bersama dan keluarga”, pungkasnya.(Pen Lanud Halim P.) ***