logo

Grabfood Jadi Platform Pesan-antar Makanan Paling Diminati di Indonesia

 Grabfood Jadi Platform Pesan-antar Makanan Paling Diminati di Indonesia

20 September 2019 21:34 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id -
SURABAYA: Penelitian pasar oleh Kantar memastikan GrabFood sebagai platform pengiriman makanan yang paling sering digunakan di 6 negara Asia Tenggara. Grab Indonesia semakin optimis, GrabFood akan menjadi platform pesan-antar makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal ini.

Menurut Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, saat ini GrabFood sudah menjadi platform pesan-antar makanan pilihan utama bagi masyarakat Indonesia. "Hasil penelitian konsumen oleh Kantar juga menyebut sebanyak 57 persen orang Indonesia menyebut GrabFood sebagai platform pesan-antar makanan yang paling sering mereka gunakan, disusul merk pesaing lainnya sebesar 42 persen," ujarnya, Jum'at (20/9/2019).

Seperti diketahui, saat ini GrabFood tersedia di Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Sejak diluncurkan dalam versi beta pada 2016, GrabFood yang bermula dari satu negara dan dua kota, pada Januari 2018 telah merambah 221 kota di enam negara.

Sejak bulan Juni 2018 hingga bulan Juni 2019, nilai pendapatan kotor (GMV) GrabFood di Asia Tenggara berkembang hingga 900 persen. Pada paruh pertama 2019 saja, GMV GrabFood di Indonesia naik hingga tiga kali lipat, sedangkan GMV di Vietnam, Thailand, dan Filipina meningkat lebih dari empat kali lipat.

Saat ini di Indonesia, kata dia, pangsa pasar GrabFood hampir mencapai 50 persen, atau naik 15 persen sejak setahun lalu.
GMV GrabFood juga mengalami pertumbuhan pesat sebanyak tiga kali lipat pada semester awal tahun ini, yang menempatkannya sebagai platform pesan-antar makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal ini.

Kondisi ini terutama didukung oleh pesatnya pertumbuhan di kota-kota besar luar Jakarta, seperti Surabaya, Medan, dan Bandung yang mengalami pertumbuhan GMV hampir empat kali lipat. Pesatnya pertumbuhan GrabFood di Indonesia itu berkat kehadiran berbagai merchant restoran cepat saji dan berbagai pilihan makanan lokal yang dikenal dan dicintai masyarakat Indonesia.

Pihaknya menyebut, jumlah mitra merchant GrabFood tahun ini meningkat dua kali lipat dan memberikan konsumen lebih banyak lagi pilihan makanan untuk dinikmati.  GrabFood juga telah memperkenalkan konsep cloud kitchen, dan baru saja meresmikan GrabKitchen kesepuluh di Indonesia.

GrabKitchen merupakan bagian integral dalam pertumbuhan GrabFood di Indonesia. Fasilitas ini rencananya akan diperluas jaringan cloud kitchen miliknya secara signifikan, dengan membuka lebih dari 50 GrabKitchen yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia pada akhir tahun ini.

Menurut Ridzki, GrabFood sudah menjadi pilar utama pertumbuhan Grab di Indonesia. Pihaknya mengaku bangga bisa tumbuh bersama mitra merchant, mulai dari merek terkemuka nasional dan internasional, hingga ke warung-warung lokal.***

Editor : B Sadono Priyo