logo

Kekuatan After Sales, Iveco Optimis Penjualan Tetap Naik

Kekuatan After Sales, Iveco Optimis Penjualan Tetap Naik

Istimewa
20 September 2019 20:46 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Meski tren penurunan harga batubara sejak akhir tahun 2018 sampai saat ini belum mengalami perbaikan, hingga merosot dari harga acuan US$120 per ton pada kuartal tiga 2018 menjadi US$70 ton di periode yang sama tahun ini, namun PT Chakra Jawara (CJ) , anak usaha Trakindo, salah satu distributor truk pengangkut segmen pertambangan batubara kelas menengah ke atas dengan merek Iveco tak akan pesimis.

Antonius Yogi Aditya selaku Supply Chain & Opperation Support Division Head, PT Chakra Jawara mengatakan di tahun 2018 lalu volume permintaan truk mencapai 1.900 unit, namun tahun ini diperkirakan hanya 1.400 unit. Meski begitu, pasar produk Iveco sudah jelas dan pasti, yakni perusahaan-perusahaan mining klas dunia sebagai konsumen loyalnya.

Antonius Yogi Aditya mengatakan untuk tambang batubara kelas menengah ke atas saat ini hampir 99% sanggup dipasok oleh truck-truck buatan Eropa, seperti merek Scania, Volvo, Mercedes, Renault, MTN, dan Iveco yang didistribusikan oleh Chakra Jawara mampu mengambil dan telah menguasai ceruk pasar sekitar 15%. Produk Iveco sendiri 95 persennya untuk memenuhi kebutuhan industri mining.

Dia meyakinkan bahwa pelanggan besar Iveco di Indonesia, salah satunya adalah PT Freeport yang telah loyal memborong 400 unit dari Iveco untuk mensupport kinerja perusahaan tambang terbesar itu di Papua tersebut.

"Setiap bulan kami bisa lakukan delivery ke mereka (Freeport-red). Yang penting bagi customer seperti Freeport adalah bagaimana mereka bisa disupport di tempat kerja hingga 24 jam," ungkap Antonius Yogi Aditya kepada pers, di sela-sela acara Pameran Indonesia’s Energy & Engineering, di Kemayoran, Kamis (19/9/2019).

Karena lingkup dan lokus tambangnya berada satu lokasi kerja Freeport maka, kata dia, Iveco telah membangun workshop, warehouse, training center dan menyiapkan teknisinya.

Lebih lanjut, Yogi panggilan akrabnya memerinci, salah satu pelanggan tetap lainnya adalah Cipta Kridatama. Satu pemain besar tambang batubara yang beroperasi di Meulaboh, semuanya memakai Iveco untuk unit produksi, supporting, maupun equipmentnya.

Sedangkan di event Pameran Indonesia’s Energy & Engineering, di Kemayoran, Jakarta kali ini, dirinya optimistis target penjualan Iveco akan tercapai.

Momentum ini justru menjadi kesempatan Chakra Jawara untuk tetap eksis sebagai salah satu penyedia armada yang tangguh sebagai pengangkut batubara. Event Indonesia's Energy & Engineering Show sendiri, telah terbukti menjadi moment yang paling tepat untuk menawarkan produk yang dimiliki. Sebab pada saat pameran ini semua pemain tambang batubara besar datang untuk memenuhi kebutuhan.

"Makanya di event pameran ini kami membuat program menarik bunga 12,5% efektif 1 tahun dan cicilan gratis 2 bulan. Ini berlaku untuk produk Iveco Trakker dump truck 8x4 dan Iveco 682 6x4,” jelas Insinyur alumni UPN Surabaya ini.

Perseroan menargetkan total hingga 40 sampai 60 unit bisa tercapai. Hal ini juga menjadi target manajemen untuk menghabiskan beberapa sisa unit produk Iveco dalam waktu 3 bulan tahun 2019 ini.

Dalam gelaran ini, lini comercial vehicle dibawah merek raksasa Fiat asal Italia ini memasang 5 varian andalannya yakni Iveco Trakker dump truck, Iveco 682 yakni produk dari Iveco yang pabriknya di China difungsikan supporting equipment atau multifungsi untuk cuci alat berat, pemadam kebakaran maupun spray jalan.

Selain itu juga ditawarkan Iveco Astra untuk crane truck 6x6 mendukung operasi di Freeport serta Iveco Trakker Mobile Service.

Sejak 2001, populasi Iveco sudah didelivered sebanyak 2500 unit ke konsumen dari 5 varian tersebut. Chakra Jawara juga fokus untuk memperbaiki layanan purna jual (after sales). Hal itu menjadi perhatian penting bagi para pelanggan. Sebab kalau dilihat dari segi teknologi, sesama european truck tidak jauh beda.

“Jadi yang terpenting adalah pasca penjualan, customer inginnya tidur nyenyak, artinya semua resiko atas spare part dan service bisa ditangani dengan baik. Sebagai group dari Trakindo, perusahaan holding yang sudah hadir sejak tahun 1970 dan melayani segmen pertambangan, perusahaan ini memiliki pengalaman dan reputasi internasional,” jelasnya.

Perseroan memiliki visi menjadi distributor utama truk heavy-duty di Indonesia, dengan mengibarkan bendera PT Chakra Jawara (CJ) yang didirikan pada tanggal 1 Desember 2000 itu dengan menawarkan “Solusi Alat Transportasi dan Permesinan Terpadu” kepada pelanggan yang beroperasi di pertambangan, kehutanan, konstruksi, minyak dan gas, dan truk kontainer.

"Saat ini, CJ merupakan dealer eksklusif berbagai truk dengan merk Iveco , yang telah memiliki reputasi di dunia sebagai produsen truk berkualitas premium," jelas Yogi***