logo

Fitri Carlina Goyang Pasar Indonesia Raya di Den Haag Belanda

Fitri Carlina Goyang Pasar Indonesia Raya di Den Haag Belanda

20 September 2019 14:25 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - DEN HAAG: Sebuah pesta rakyat digelar di Rijswijk, Den Haag, Belanda. Namanya Pandora alias Pasar Indonesia Raya, 13-15 September 2019. Event ini diselenggarakan KBRI Belanda di Den Haag. Pelaksanaan kegiatannya semakin semarak dengan kehadiran pelantun ABG Tua, Fitri Carlina.

Pasar Indonesia Raya digelar sebagai rangkaian Peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus. Kegiatan ini berisikan Bazar Kuliner Indonesia, UMKM Indonesia, Pertunjukan Seni dan Budaya Indonesia. Tujuannya untuk mempromosikan Pariwisata Indonesia di Belanda

Sebagai hiburan, tampil Fitri Carlina, Ki Ageng Ganjur, Mel Shandy, Hengky Supit, Bona Idol, Escobar. Ada juga Tari-tarian Daerah Indonesia, dan masih banyak lagi.

“Senang sekali rasanya saya mendapatkan kepercayaan tampil di Pasar Indonesia Raya. Sebab, selain memberikan hiburan saya juga ikut terlibat dalam mempromosikan pariwisata Indonesia,” tutur Fitri Carlina, Senin (16/9).

Dalam aksinya kali ini, Fitri total membawakan 9 lagu. Dua diantaranya berkolaborasi dengan Ki Ageng Ganjur. Tepatnya pada lagu Pamer Bojo (Cendol Dawet), dan Jaran Goyang.  

Fitri Carlina juga sukses membuat seluruh pengunjung bergoyang saat menyanyikan lagu andalannya, ABG Tua. Ditambah lagi lagu Syantik, Yank, Sakitnya Tuh Disini, Meriang, Berondong Tua, dan Goyang Dumang.

Pengunjung yang terdiri dari para diaspora Indonesia yang di Belanda dan warga lokal Belanda, terlihat sangat menikmati aksi Fitri Carlina.

“Crowd-nya benar-benar luar biasa. Pengunjung yang hadir pun bukan hanya para diaspora. Tapi juga banyak local people Belanda yang datang,” papar Fitri.

Pasar Indonesia Raya ajang yang luar biasa. Karena mampu mempromosikan Indonesia. Terutama promosi pariwisata, kuliner, seni dan budaya serta UMKM. Dan juga meningkatkan perekonomian pelaku bisnis kecil para diaspora di Belanda. Apalagi jumlah pengunjungnya sampai menembus 13.000 pengunjung dalam waktu 3 hari. Sehingga diharapkan mampu mendongkrak Promosi Indonesia di Belanda.

“Semoga Pandora di Belanda ini terus dijalankan dan semoga semakin banyak yang support. Sehingga bisa semakin besar dan menarik para pengunjung yang datang. Serta dapat pula menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia,” harap Fitri. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi atas keterlibatan Fitri Carlina dalam Pasar Indonesia Raya di Den Haag Belanda. Terlebih event itu turut mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Saya melihat ada semangat Indonesia Incorporated di sana. Bagaimana KBRI turut semangat memperkenalkan pariwisata Indonesia. Berikut kuliner dan seni budayanya. Apresiasi harus diberikan untuk event ini,” papar menteri asal Banyuwangi itu.

Ditambahkannya, keputusan KBRI menyertakan Fitri Carlina juga langkah yang tepat. Karena, Fitri Carlina selama ini turut mendukung pariwisata Indonesia.

“Komitmen Fitri Carlina untuk turut meramaikan Wonderful Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Kali ini pun ia memperlihatkan komitmennya. Terima kasih KBRI di Den Haag, terima kasih Fitri Carlina,” tutur mantan Dirut PT Telkom itu.

Editor : Markon Piliang