logo

5 Alasan Penting Mengapa Pilih Gunakan Bus Travel Untuk Liburan

5 Alasan Penting Mengapa Pilih Gunakan Bus Travel Untuk Liburan

ilustrasi
19 September 2019 17:20 WIB
Penulis : Ahmad Syukri

SuaraKarya.id - BANDUNG: Bus travel sering menjadi alternatif lain untuk berpergian. Sebenarnya, apa, sih, keunggulan menggunakan model transportasi tersebut?  

Seorang traveler asal Kota Bogor Dani mengungkapkan, jasa transportasi menggunakan bus travel  saat ini sudah semakin nyaman dan aman.  Masyarakat sekarang, kata dia,  lebih mudah dan cepat untuk berpergian ke suatu tempat tanpa harus meninggalkan tempat duduk nya

“‘ Misalnya  kamu berencana liburan di Bandung, Jawa Barat. Namun, mengingat hari ini weekend, rasanya malas sekali membawa kendaraan sendiri ke sana. Sedangkan menggunakan bus besar, destinasi akhirnya terlalu jauh dari tempat yang dituju,“ kata Dani kepada suarakarya.id, Kamis (19/9/2019).

 

Beberapa teman, sambung Dani,  menyarankan untuk mencoba bus travel. “ coba  cek tiket travel Cititrans, “ Banyak tujuan dan rutenya, tuh, itu kata mereka. Jadi, penasaran mengapa bus travel menjadi alternatif pilihan kendaraan lain untuk berlibur,” ujar Dani.

 

Menurut Dani, ada beberapa alasan orang memilih menggunakan bus travel dibanding kendaraan pribadi atau bus besar.

Yang pertama, harga lebih murah ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.

“ Misalnya, kamu berasal dari Jakarta dan ingin pergi ke Bandung, Jawa Barat.  Bayangkan kalau kamu harus membeli bensin dan juga membayar tol yang kalau di total memang harganya lebih mahal dibanding membeli tiket bus travel. Ditambah lagi, kamu tidak menyetir sendiri,” kata Dani.

 

Kedua, tidak melelahkan selama di perjalanan.,” Sebenarnya, kamu pasti akan lelah ketika harus menyetir selama berjam-jam di kendaraan pribadi. Ditambah lagi, harus bertemu macet dan kendaraanmu bukan matic. Bisa-bisa, sampai di tempat tujuan sakit. Dengan menggunakan bus travel ini, setidaknya kamu tidak harus merasakan hal tersebut. Kamu bahkan bisa tenang beristirahat sepanjang perjalanan,” ungkapnya.

 

Yang ketiga, kata Dani, kamu bisa pilih rute yang paling dekat dengan tujuan akhir,” Rute atau destinasi akhir bus travel berbeda-beda. Kamu hanya perlu mencari yang paling dekat dengan tujuan akhirmu. Jadi, kamu tak perlu tiba di terminal umum seperti bus yang lebih besar. Beberapa sistem bus travel bahkan dapat mengantar dan menjemputmu langsung dari rumah menuju tempat tujuan. Pastinya, ini dapat memudahkan perjalanan liburan kamu,” jelas Dani.

 

Yang ke empat, tak perlu takut salah jalan,” Bus travel bisa menjadi alternatif apabila kamu masih asing dengan daerah tujuan liburanmu. Pastinya, akan ribet membuka aplikasi maps sambil menyetir mobil sendiri, kan. Kamu tak perlu khawatir akan tersasar ke tempat-tempat yang jauh dari perkotaan. Umumnya juga, pengemudi bus travel mengetahui jalan tikus. Jadi, ketika ada macet di beberapa ruas jalan, bisa langsung memilih jalan lain. Lebih aman, kan,” ucapnya.

 

Yang kelima, lebih sedikit orang yang ikut di dalamnya, “ Salah satu alasan kamu tidak memilih bus yang lebih besar karena terlalu ramai penumpang sehingga tidak berisik. Kalau kamu liburan dengan keluarga atau teman-teman, bus jadi dalam satu bus travel hanya ada rombongan tersebut. Jadi terasa seperti menyewa mobil secara private. Padahal, beruntung karena bus travel sudah terisi penuh,” katanya.

 

Karena itu, kata Dani, ada baiknya, kamu memang membeli tiket saat bersamaan ketika akan memesannya. Ini supaya bisa di dalam bus travel yang sama. Tentunya, ini membuat perjalanan liburan semakin menyenangkan dan seru.