logo

Film Kontroversi "Kucumbu Tubuh Indahku" Wakili Indonesia Ke Oscar 2020

Film Kontroversi

17 September 2019 18:52 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - JAKARTA: Film Kontroversi "Kucumbu Tubuh Indahku" terpilih mewakili film Indonesia ke ajang Academy Awards atau Piala Oscar 2020. Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' dipilih melalui kategori International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film.

Piala Oscar 2020 sendiri akan digelar di Dolby Theatre Hollywood Los Angeles, 9 Februari 2020. Dengan keputusan ini, 'Kucumbu Tubuh Indahku' akan bersaing dengan 'Parasite' dari Korea Selatan dan 'Weathering with You' dari Jepang untuk menjadi nominasi kategori tersebut.

Film Kucumbu Tubuh Indahku berkisah tentang penari Lengger bernama Juno. Sejak ditinggal ayahnya, Juno bergabung dengan sanggar tari Lengger. Tak diduga tarian itu membuatnya menapaki perjalanan hidup yang berliku. Sampai pada akhirnya, Juno bisa memahami dan menerima keindahan hidup sebagai seorang penari Lengger.

Tari Lengger sendiri merupakan budaya asli Indonesia, tepatnya berasal dari Banyumas. Tarian itu mengharuskan penarinya menampilkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh. 

Christine Hakim yang menjabat sebagai Ketua Komite Oscar 2020 mengatakan  film Kucumbu Tubuh Indahku dipilih karena memiliki paket lengkap.

"Kami sepakat memilih film Kucumbu Tubuh Indahku karena kami melihat bahwa dari film itu sebagai sebuah karya film lengkap. Film itu bukan hanya bahasa oral dan gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa," ujar Christine Hakim di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Lebih lanjut, dia mencontohkan bahwa adegan percintaan dalam film ini digambarkan tidak seperti biasa sebagaimana orang bercinta yang vulgar.

"Tapi justru dengan idiom-idiom dalam budaya kita itu ada penari Lengger. Sekaligus ini perkenalkan kayanya budaya kita. Jadi ini yang kita lihat lengkap di samping pesannya yang kuat bicara tentang kemunafikan," kata Christine Hakim.

Seperti diketahui, sebelumnya film layar lebar Ave Maryam, Kucumbu Tubuh Indahku dan 27 Steps of May sempat menjadi perbincangan di Twitter hingga menjadi trending. Hal tersebut karena ketiga film itu lolos seleksi tiga besar Komite Oscar 2020. Namun pada akhirnya film Kucumbu Tubuh Indahku lah yang lolos mewakili film Indonesia di Piala Oscar 2020.

Komite Oscar diketuai aktris kawakan Christine Hakim dengan anggota produser Sheila Timothy, Firman Bintang, sutradara Adisurya Abdy, Lola Amaria, Mathias Muchus, Roy Lolang, Alim Sudio, Fauzan Zidni, Benny Setiawan, aktor Reza Rahardian, dan penata musik Thoersi Argeswara.

Komite Oscar 2020 atau The Indonesian Academy Awards Selection Committee bertugas memilih film dari Indonesia yang akan diikutkan dalam ajang 92nd Oscars International Feature Film Award 2020. Ajang tersebut sebelumnya bernama The Oscars Foreign Language Film.

Dari 99 film Indonesia yang beredar sejak Oktober 2018 hingga September 2019 terdiri dari 41 judul bergenre drama, 34 judul film horor, dan sisanya 24 judul genre komedi.

Editor : Azhari Nasution