logo

Dua Tahun Lesehan, PKS Sayangkan Baru Ada Meubelair Di SDN Pekayon Jaya 3 Bekasi

Dua Tahun Lesehan, PKS Sayangkan Baru Ada Meubelair Di SDN Pekayon Jaya 3 Bekasi

Kecerian nampak di wajah para siswa SDN Pekayon Jaya 3, Bekasi Selatan telah memiliki kursi dan meja sementara setelah sebelumnya belajar dengan lesehan selama dua tahun terakhir. (Foto: Dharma/suarakarya.id).
16 September 2019 23:34 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - BEKASI: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyayangkan pemerintah daerah dalam merespon kebutuhan fasilitas sekolah pasca viral di media sosial maupun media massa. Diketahui sebelumnya, ratusan siswa dalam proses belajar mengajar tanpa dilengkapi kursi dan meja.

"Kita menyayangkan ini sudah dua tahun tapi kemudian baru ada kursi dan meja setelah beritanya heboh," kata anggota Fraksi PKS DPRD Kota Bekasi, Latu Har Hary di Bekasi, Senin (16/9/2019).

Pagi itu, sejumlah anggota DPRD Kota Bekasi yakni PKS, PDIP dan Gerindra melakukan tinjauan ke SDN Pekayon Jaya 3 yang terletak di Jalan Laskar Dalam Nomor 39, RT 004/RW 024, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Sebelum kehadiran sejumlah politisi Kalimalang itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi terlebih dahulu mendatangi sekolah tersebut.

Tinjauan orang omor satu di Bekasi itu, rupanya melihat kondisi ruang kelas yang sudah dilengkapi kursi dan meja (layak pakai) meski sementara.

Pihak sekolah menyebut ratusan kursi dan meja datang pada Minggu (15/9/2019) sore sekitar pukul 18.00 WIB.

Latu menyatakan, PKS berencana akan mendalami masalah itu agar tidak terulang kembali. Termasuk penjelasan dinas pendidikan kepada publik.

"Ini langkah antisipasi kedepan," kata Latu.

Ia menyampaikan, rahap total sebanyak enam ruang kelas baru bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Itu pun atas pengakuan Kepala Sekolah SDN Pekayon Jaya 3.

"Gedung dua tahun lalu dapat dari APBN atau DAK fisik. Kita perlu menelusuri kenapa dia (sekolah) tidak sekaligus mengajukan meubelairnya," ujar Latu.

Kedepan, lanjutnya, PKS mendorong integrasi atau sinergi. Artinya, gedung itu bisa lebih dioptimalkan.

"Ini akan menjadi perhatian fraksi dan fraksi akan menugaskan anggota kita yang berada di komisi terkait," kata Latu.

Dari informasi yang didapat suarakarya.id, rehabilitasi total SDN Pekayon Jaya 3, Bekasi Selatan menggunakan anggaran tahun 2017 sebesar Rp1 miliar lebih. Adapun ruang kelas baru yang tidak dilengkapi kursi dan meja sebanyak empat kelas. ***

Editor : Azhari Nasution