logo

Sosialisasi Penanganan Karhutla Di Distrik Salawati

Sosialisasi Penanganan Karhutla Di Distrik Salawati

Foto:Humas Kabupaten Sorong
16 September 2019 23:22 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS:Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono S.Sos,M.Si, di Gedung Pertemuan  Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (16/9/2019), secara resmi membuka sosialisasi  tentang “Penyadartahuan Pencegahan  Kebakaran  Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada warga di daerah ini.

“Dalam musim  panas  seperti  saat  ini, masyarakat  di kampung-kampung harus tetap mewaspadai  kebakaran. Tanggung jawab lingkungan masing-masing warga  kampung, lurah dan distrik dijaga bersama agar terhindar dari bahaya  kebakaran,”kata Wakil Bupati Harjono.

Oleh karena itu,  Satuan polisi Pamong Praja hadir untuk memberikan penyuluhan tentang bahaya  akibat kebakaran hutan dan lahan.

Di samping itu, Polisi Pamong Praja juga memberikan sosialisasi tentang  penanganan hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini penting karena, bila terjadi kebakaran orang akan panik  dan tentu sulit untuk melakukan penanganan  memadamkan api.

Musim kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini, kebakaran hutan memang sangat  mudah terjadi. Oleh karena itu petani agar tidak membakar lahan untuk bercocok tanam tapi  mencari alternatif lain sehingga  tidak terjadi resiko kebakaran hutan dan lahan.

“Pengalaman di mana-mana  terjadi kebakaran itu ketika petani atau korporasi membuka lahan  dengan membakar material seperti rumput dan kayu. Kalau cara membakar seperti itu, tentu sangat berpotensi  kebarakan hutan dan lahan yang sulit tertangani akibat musim kemarau saat ini,”kata Harjono.

Hadir menyaksikan sosialisasi ini, para kepala kampung, lurah, kepala-kepala dinas atau yang mewakili serta masyarakat petani di Distrik Salawati dan sekitarnya. ***   

Editor : Azhari Nasution