logo

Realisasi Penukaran Uang Di KPwBI Solo Hanya 77 Persen

Realisasi Penukaran Uang Di KPwBI Solo Hanya 77 Persen

Layanan penukaran uang untuk kebutuhan Lebaran
12 Juni 2019 19:17 WIB

Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Realisasi penukaran uang untuk kebutuhan Lebaran 2019 yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, hanya mencapai 77 persen dari estimasi kebutuhan uang (EKU) yang disediakan yakni sebesar Rp5,4 triliun.

Sebanyak 86 persen untuk mencukupi kebutuhan uang pecahan besar (UPB) dan 14 persen untuk uang pecahan kecil (UPK). Dari alokasi dana yang disediakan tersebut, hanya terserap Rp4,1 triliun.

"Tidak terserap 100 persen karena peredaran uang pecahan besar (UPB) masih melimpah. Kebutuhan uang bank masih bisa dipenuhi dari transaksi uang kartal antar bank (TUKAB) yang berasal dari setoran bank," jelas Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) KPwBI Solo, Bakti Artanta, Rabu (12/6/2019).

Dari dana yang terserap tersebut, uang pecahan kecil realisasinya sebesar 17 persen. Sedangkan untuk pecahan besar yakni Rp50.000 dan Rp10.000 realisasinya mencapai 83 persen.

"Penyaluran uang pecahan besar tidak maksimal karena ketersediaan uang pecahan besar melimpah. Karena perbankan menjalankan mekanisme sesuai yang diharapkan," jelasnya lagi.

Yakni melakukan transaksi uang kartal antar bank. Hal tersebut menurut Bakti sangat bagus karena dapat mengurangi ketergantungan terhadap BI. Masa libur perbankan yang hanya dua hari juga mempengaruhi hal tersebut.

"Menjelang Lebaran, perbankan masih menerima setoran dari nasabah seperti dari SPBU," katanya lagi. ***

Editor : Markon Piliang
Bank Jatim