logo

Pansel Capim KPK Berkoordinasi Untuk Cari Pimpinan Antikorupsi Sejati

Pansel Capim KPK Berkoordinasi Untuk Cari Pimpinan Antikorupsi Sejati

KPK
12 Juni 2019 11:56 WIB

Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Posisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menjadi tulang punggung pemberantas korupsi saat ini di Tanah Air mendorong berbagai kalangan tetap menjadikan lembaga antirasuah sebagai komisi pemberantas korupsi terdepan dengan komisioner atau pimpinan yang handal, visioner, lugas dan antikorupsi sejati.

Atas dasar itulah, panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK akan bertemu para pimpinan lembaga antirasuah dan Jaksa Agung HM Prasetyo hari ini, 12 Juni 2019. Sementara itu, pada Kamis, 13 Juni 2019, Pansel KPK diagendakan bertemu Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Hari ini kami melakukan kunjungan ke pimpinan instansi di KPK, seluruh pansel kunjungan ke KPK  dan Bapak Jaksa Agung. Sedangkan 13 Juni (Pansel) akan bertemu dengan Bapak Kapolri," kata anggota Panitia Seleksi KPK Diani Sadia di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Diani mengatakan, Pansel KPK juga berencana menemui sejumlah organisasi kemasyarakatan, lintas agama hingga Ketua Wadah Pegawai KPK. Pertemuan ini dilakukan dengan tujuan mendapat masukan dari para tokoh terkait kepemimpinan KPK periode 2019-2023. "Ketemu pimpinan masyarakat dan ormas, kita akan lakukan 2 Juli 2019. Bertemu dengan mantan pimpinan KPK dengan pimpinan NGO juga penting, akan dilakukan pada hari itu juga, dan dengan ketua wadah pegawai KPK," jelas Diani.

Pansel KPK menggandeng sejumlah lembaga untuk menelusuri rekam jejak para kandidat komisioner lembaga antirasuah. Lembaga ini dilibatkan untuk menelusuri apakah ada calon pimpinan KPK yang terpapar radikalisme. "Akan ada penelusuran rekam jejak ke Polri, Kejaksaan, KPK, PPATK, MA, BIN, BNPT. Karena kami juga penting agar jangan ada kelompok yang terkait radikalisme," ujar Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti itu memastikan, semua tahapan seleksi akan bersifat terbuka. Yenti juga menuturkan pansel KPK siap menerima masukan dari berbagai pihak terkait Calon Pimpinan KPK. "Semuanya terbuka. Kita akan selalu umumkan. Bahkan setelah pengumuman yang masuk berapa kami akan buka untuk dapatkan masukan, siapapun bisa berikan masukan. Kami minta ke daerah tentang profile orang yang sudah mendaftar. Setelah lolos admin, kami buka ke media," kata dia.

Advokat senior Muara Karta sebelumnya juga berharap pimpinan KPK mendatang figur-figur yang handal, visioner, bersih dan antikorupsi. Dia berharap kalau tidak bisa berkinerja lebih baik dari yang saat ini setidaknya dapat berkiprah sama dengan yang dilakukan Agus Rahardjo dengan kawan-kawan (dkk) selama ini, yang begitu ditakuti dalam hal operasi tangkap tangan (OTT) KPK.  

Editor : Dwi Putro Agus Asianto
Bank Jatim