logo

Infrastruktur Desa Purworejo Menjadi Baik Berkat Dana Desa

Infrastruktur Desa Purworejo Menjadi Baik Berkat Dana Desa

Pemberdayaan desa meningkat menyusul kian baiknya infrastruktur Desa Purworejo, Blitar, Jatim. (foto, ist)
10 Juni 2019 23:47 WIB

Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - BLITAR: Berbagai kemajuan bisa dilihat baik secara infrastruktur maupun aspek lainnya, di Desa Purworejo, Kecamatan Sanan Kulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Desa yang berbatasan langsung dengan wilayah Kota Blitar ini, walau dekat debgan kota, namun tadinya  masih minim sejumlah inrastruktur.

Tapi, sejak disahkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Desa Purworejo serta desa-desa lainnya di Kabupaten Blitar menjadi lebih berdaya. "Apalagi sejak ada kebijakan dana desa,"  kata Sekretaris Desa Purworejo Gunawan, seperti dilansir dari Antara, di Desa Purworejo, Blitar, Senin (10/6/2019).

Diungkapkannya, program dana desa dikucurkan mulai 2015 dan dimanfaatkan untuk pembangunan serta pemberdayaan desa. Desa Purworejo, pada 2019 ini mendapatkan kucuran dana desa sekitar Rp830 juta, serta alokasi dana desa dari APBD Kabupaten Blitar sebesar Rp590 juta. Jumlah itu terus naik ketimbang tahun sebelumnya, karena tahun 2018, desa ini mendapatkan dana desa sekitar Rp730 juta, dan ADD sekitar Rp520 juta.

Nominal itu memang hampir sama dengan dana untuk desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Blitar. Namun, dalam pengelolaannya setiap desa diberi kewenangan sendiri-sendiri.

Dari dana yang diperoleh Desa Purworejo tersebut, 60 persen dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan sisanya 40 persen untuk pemberdayaan di desa, termasuk program pembangunan kesehatan dan pendidikan.

Editor : Yon Parjiyono
Bank Jatim