logo

Harga Komoditas Pokok Di Kota Solo Mulai Nornal, Inflasi Bisa Terkendali

Harga Komoditas Pokok Di Kota Solo Mulai Nornal, Inflasi Bisa Terkendali

TPID Kota Solo melakukan sidak kebutuhan pokok untuk mengendalikan inflasi
22 Mei 2019 23:19 WIB

Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Inflasi Kota Solo selama bulan Ramadhan diprediksi bisa terkendali. Menyusul harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok telah kembali normal.

Menurut Deputi BI Kantor Perwakilan Surakarta Taufik Amrozy, di sela-sela sidak kebutuhan pokok di Pasar Legi Solo, Rabu (22/5/2019), harga kebutuhan pokok saat ini mulai normal.

"Jika bulan lalu inflasi mencapai 0,68 persen maka bulan ini diharapkan bisa dibawah itu," katanya.

Taufik juga mengatakan "year on year" (yoy) inflasi Kota Solo sampai dengan saat ini di angka 2,51 persen. Menurut dia, angka ini juga masih jauh dari target awal inflasi yoy sebesar 3,5 +/- 1 persen.

Salah satu upaya mengendalikan inflasi adalah dengan menyelenggarakan pasad murah yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Pasar murah dilakukan secara bergilir di lima kecamatan di Kota Solo.

"Selain itu juga akan dilakukan di Kios Mirunggan. Dengan beberapa upaya ini harapan kami inflasi bisa terkendali," katanya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagiyo mengatakan saat ini beberapa komoditas telah turun harga, salah satunya cabai merah turun harga dari Rp30.000/kg menjadi Rp22.000/kg.

"Karena saat ini ada panen raya. Untuk komoditas lain harganya stabil seperti beras premium Rp12.000/kg dan minyak goreng Rp12.000/kg," jelas Subagyo.

Sedangkan untuk gula pasir harganya turun dari Rp13.000/kg menjadi Rp12.500/kg. Harga telur ayam ras juga turun dari Rp23.000/kg menjadi Rp20.000/kg. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH
Bank Jatim