logo

Dokter Tim Atletik Universitas Negeri Ohio Lakukan Pelecehan Seksual Pada 177 Siswa Pria

Dokter Tim Atletik Universitas Negeri Ohio Lakukan Pelecehan Seksual Pada 177 Siswa Pria

18 Mei 2019 21:22 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - OHIO: Seorang dokter tim atletik melakukan pelecehan seksual terhadap sedikitnya 177 siswa pria dari tahun 1979 hingga 1997. Sebuah penyelidikan oleh Ohio State University di AS mengungkapkan, Dr Richard Strauss, yang meninggal pada tahun 2005, dituduh meraba-raba dan melakukan pemeriksaan yang tidak perlu pada pria muda saat merawat atlet dari 16 cabang olahraga.

Laporan tersebut menyatakan bahwa pejabat universitas gagal mencegah pelecehan meskipun ada keluhan dari mahasiswa. Ia menambahkan bahwa upaya yang tidak memadai untuk menyelidiki tidak dapat diterima.

Dalam laporan yang diterbitkan pada hari Jumat, para penyelidik mengatakan pelecehan itu dilakukan di berbagai lokasi di seluruh kampus, termasuk ruang pemeriksaan, ruang ganti, pancuran dan sauna.

Seperti dilaporkan bbc.com, berbagai atlet melaporkan ujian genital yang tidak perlu dan beberapa siswa mengatakan mereka percaya tindakan Dr Strauss adalah rahasia terbuka di kampus.

"Kami sangat menyesal bahwa ini terjadi," kata Presiden Negara Bagian Ohio Michael Drake pada konferensi pers, mencatat bahwa ada "kegagalan kelembagaan yang konsisten" di universitas.

Mimpi Hancur

Sejumlah mantan mahasiswa menuntut ganti rugi yang tidak ditentukan dan telah meminta universitas untuk bertanggung jawab atas kerusakan yang mereka katakan disebabkan oleh dokter.

"Mimpi terputus, hubungan dengan orang yang dicintai rusak, dan kerugiannya sekarang menimpa anak-anak kita, karena banyak dari kita menjadi terlalu protektif sehingga merenggangkan hubungan dengan anak-anak kita," Kent Kilgore, mantan perenang negara bagian Ohio, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dr Strauss pensiun pada tahun 1998 dan mengakhiri hidupnya pada tahun 2005.

Pada Mei 2018, Universitas Negeri Michigan setuju untuk membayar  500 juta dolar AS kepada 332 pesenam yang dilecehkan oleh mantan dokter tim Larry Nassar. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH
Bank Jatim