logo

Pansel Bermoral Diharapkan Hasilkan Pimpinan KPK Jilid V Berintegritas Tinggi

Pansel Bermoral Diharapkan Hasilkan Pimpinan KPK Jilid V Berintegritas Tinggi

advokat senior Muara Karta
15 Mei 2019 20:07 WIB

Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sejumlah praktisi hukum mengharapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang panitia seleksi (Pansel) pimpinan KPK jilid V, pengganti jilid IV. Diharapkan pula Pansel terdiri dari orang-orang bermoral, berintegritas tinggi, antikorupsi dan paham visi, misi dan tugas antirasuah ke depan.

Menurut advokat senior Muara Karta, Pansel pimpinan KPK ini menentukan pula buruk-baiknya pimpinan KPK jilid V. Jika Pansel KPK mendatang terdiri dari orang-orang antikorupsi, berintegritas, independen dan bemoral serta akhlak tinggi niscaya calon pimpiman KPK yang direkrut bermoral, berintegritas dan bermartabat tinggi pula.

“Sampai saat ini masa depan pemberantasan korupsi masih dipegang KPK. Jadi, hampir semua anak bangsa Indonesia masih berharap pengendalian pemberantasan korupsi di tangan KPK. Jangan sampai pemberantasan korupsi yang begitu gencar sekarang ini meredup. Yang kita inginkan justru lebih digencarkan dan diperkuat serta diperkencang lagi,” ujar Muara Karta di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Pimpinan organisasi kemasyarakatan (Ormas) itu juga berharap pimpinan KPK mendatang harus bias lebih baik dari pimpinan KPK jilid IV. “Kalau bisa yang lebih baik lagi sampai pejabat Negara yang memiliki bibit-bibit koruptor tidak berani lagi menggerogoti keuangan negara melihat aksi-aksi Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK yang begitu gencar, rapi, penuh disiplin, tegas dan kontinyu,” tuturnya.

Menurut kakek yang memiliki rasa solidaritas tinggi itu terhadap teman itu, kepemimpinan KPK jilid IV pun, terutama dalam hal penindakan, sudah cukup memuaskan dan membuat pejabat Negara berpikir beberapa kali sebelum korupsi. Terutama setelah digulung korupsi-korupsi berjamaah.

“Pimpinan KPK jilid IV ini pun sudah bagus. Tetapi kalau ternyata dapat dihasilkan yang lebih baik lagi dari jilid IV, jelas kita-kita aktivis antikorupsi menyambutnya gembira,” tutur Muara Karta yang cukup dikenal pula di kalangan artis atau selebritis itu.  

 Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif juga  berharap Presiden Jokowi segera menandatangani Keppres Pansel pimpinan KPK. Tidak itu saja, dia berharap pula agar Pansel Pimpinan KPK Jilid V diisi oleh orang-orang yang memiliki integritas dan paham dengan kondisi di lembaga antirasuah tersebut. "Kita berharap bahwa orang-orang yang di pansel itu adalah orang-orang yang terkenal integritasnya oleh masyarakat Indonesia, dan orang-orang yang mengerti tata kerja di KPK," tutur Laode Syarif.

Jika nantinya Pansel terbentuk dan pimpinan KPK jilid V terpilih, Syarif berharap para komisioner baru nanti bisa meneruskan kinerjanya dalam memberantas tindak pidana korupsi serta tidak ragu untuk menjerat sebuah korporasi. "Semoga lebih banyak lagi kasus yang ditangani, kalau tindak pidana korporasi baru kita mulai, ini mudah-mudahan yang akan datang menjadi lebih banyak, lebih massif, taktis dan strategis lagi," kata Syarif.

Dia mengaku akan sangat gembira pula jika pimpinan KPK jilid V dapat menuntaskan kasus-kasus mega korupsi yang selama ini seolah “ditidurkan” di KPK. “Tentunya yang selama ini tertidur, kalau bisa dibongkar lagi dan dijatuhi hukuman para pelakunya, jelas kita akan menyatakan kegembiraan dan kekaguman terhadap mereka,” ujarnya.

Editor : Gungde Ariwangsa SH