logo

AS Tuduh Iran Di Balik Penyerangan Empat Kapal Tanker Di Teluk Oman

AS Tuduh Iran Di Balik Penyerangan Empat Kapal Tanker Di Teluk Oman

14 Mei 2019 22:44 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - WASHINGTON: Penyelidik Amrika Serikat percaya Iran atau kelompok yang didukungnya menggunakan bahan peledak  untuk merusak empat kapal di Uni Emirat Arab pada hari Minggu. Menurut laporan media, ahli militer dilaporkan dikirim untuk menyelidiki insiden itu dan menemukan lubang besar di masing-masing kapal tanker.

Tidak ada bukti yang muncul untuk menunjukkan bahwa Iran terlibat. Negara-negara yang terkena dampak belum mengeluarkan pernyataan yang mengarah ke negara tertentu.

Insiden itu meningkatkan ketegangan antara Iran, yang berbatasan dengan Selat Hormuz di dekatnya, dan AS. Sekitar seperlima minyak yang dikonsumsi secara global melewati selat. Bulan lalu, Iran mengancam akan menutupnya jika dicegah menggunakan saluran air.

Tim penyelidik militer AS menemukan lubang besar di keempat kapal yang terkena dampak dan yakin itu disebabkan oleh  peledakan, Associated Press melaporkan, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya. Mereka tidak menjelaskan bagaimana kerusakan itu terkait dengan Iran.

CBS membuat laporan serupa mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

Beberapa rincian telah dirilis tentang insiden itu, yang dikatakan telah terjadi sekitar pukul 06:00 (02:00 GMT) pada hari Minggu di perairan teritorial UEA di Teluk Oman, di sebelah timur emirat Fujairah.

Kementerian luar negeri UEA mengatakan empat kapal komersial telah menjadi sasaran dalam "serangan sabotase" di dekat pelabuhan Fujairah, tepat di luar Selat Hormuz.

Tidak ada korban tetapi Arab Saudi mengatakan dua kapalnya menderita "kerusakan signifikan". ***