logo

Waspada Cuaca Ekstrem di 18 Provinsi, Jakarta Raya Diramalkan Diguyur Hujan

Waspada Cuaca Ekstrem di 18 Provinsi, Jakarta Raya Diramalkan Diguyur Hujan

Sebagian wilayah Jakarta diramalkan diguyir hujan pada sore dan malam hari, Selasa (14/5/2019).
14 Mei 2019 09:05 WIB

Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada Selasa (14/5/2019) ini.

Sementara itu, Kepada Bidang Humas BMKG, Taufan Maulana mengatakan wilayah Jakarta Raya diramalkan cerah berawan pada pagi ini. Namun pada siang dan sore hari di sejumlah kota diprediksi diguyur huja ringan yakni Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Dikutip dari laman resmi bmkg.go.id,terdapat sirkulasi siklonik di Papua Barat (level 925/850 mb), di Philipina (level 925/850 mb) dan sirkulasi tertutup di Kalimantan Barat.

Belokan angin di Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Perairan Utara Sulawesi, Maluku dan Papua Barat.

Sirkulasi siklonik atau pusaran angin terbentuk di sejumlah perairan sekitar Indonesia. Sirkulasi siklonik merupakan pusaran angin yang memicu massa udara atau uap air sebagai faktor utama pembentuk awan akan bergerak ke arahnya.

Hal ini menyebabkan daerah yang berada di sekitar sirkulasi tersebut memiliki potensi pertumbuhan awan signifikan sehingga perlu diwaspadai menimbulkan hujan lebat dan cuaca ekstrem.

Sekalipun aman dari perlintasan siklon tropis, kajian sejumlah lembaga meteorologi dunia, termasuk BMKG, menemukan adanya tren penguatan intensitas siklon sehingga dampak tidak langsungnya berupa cuaca buruk semakin kerap mencapai wilayah Indonesia.

Editor : Yon Parjiyono