logo

Nyala Api Lilin Paskah

Nyala Api Lilin Paskah

Foto (Pudja/Suarakarya.id)
21 April 2019 12:05 WIB

Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Minggu (21/4/2019) hari ini adalah Hari Paskah, Hari Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus yang dirayakan umat Kristiani di seluruh dunia sejak Sabtu malam.

Minggu Paskah merupakan masa kebahagiaan dan kemenangan Yesus atas belenggu dosa dan maut yang dikalahkanNya dengan bangkit dari kematian. 

Pada malam Paskah, umat gereja menggelar misa kudus, antara lain dengan menyalakan lilin sebagai lambang Kristus yang bangkit dari kematian. 

Umat gereja Katholik Stasi Paus Yohannes Paulus II Bojong Rawalumbu, Bekasi pun ambil bagian dalam menyalakan api lilin Paskah, Sabtu (19/4/2019) sebagai ungkapan syukur atas kebangkitan Yesus Kristus yang berhasil mengalahkan dosa dan maut.

Tuhan Yesus yang telah mengalami kesengsaraan disalib pada hari Jumat, bangkit pada hari ketiga, Minggu. Kebangkitan Tuhan Yesus membuktikan kemenangan Yesus menebus dosa-dosa manusia, dengan merelakan hidup-Nya mati di kayu salib.

Setelah bangkit, Yesus memberitahukan kepada para murid-Nya, dan juga kepada beberapa perempuan termasuk Maria Magdalena. Yesus memberitakan kepada mereka kalau sudah menang, dan sudah bebas dari ikatan dosa dan maut.

Umat Kristiani mengimani, semangat Paskah mendorong umat manusia makin saling mengasihi satu sama lain hingga diharapkan terciptalah perdamaian dan persaudaraan sejati. ***

Editor : Pudja Rukmana