logo

Diajak Ngemis, Korban Penculikan Ditemukan Lewat CCTV

Diajak Ngemis, Korban Penculikan Ditemukan Lewat CCTV

Nenek A tersangka penculikan balita ANS.
15 April 2019 17:22 WIB

Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA:  Pelaku penculikan anak balita berinisial ANS (3) ternyata seorang perempuan paruh baya. Tersangka Anggraini (55) diringkus di Komplek Bintara 3 , kota Bekasi (depan masjid) oleh Tim Resmob Polda Metro Jaya (PMJ).

"Orang tua korban melaporkan ke Polda Metro Jaya dan segera kita tindak lanjuti," kata Kabid Humas PMJ  Kombes Pol Raden Argo Yuwono, Senin (15/4/2019). 

Dari informasi orangtua korban, polisi menemukan ciri-ciri pelaku. Padaa Minggu, 14 April 2019 polisi mendapat informasi keberadaan pelaku di Stasiun Pasar Senen.

"Kami tangkap pelaku di sana (Stasiun Pasar Senen) dan langsung kami bawa ke Polda Metro Jaya bersama korban," Argo menambahkan

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Anggraini mengajak ANS untuk mendapat iba orang lain sehingga diberi uang. Motif ini kerap dilakukan para pengemis di kawasan traffic light.

"Nangis terus, anaknya terisk mamah. ANS minta gendong enggak mau di turunin, sama polisi juga takut, trauma sepertinya dia," kata Argo.

Kondisii balita ANS korban penculikand  mengalami traumav berat pascadiculik perempuan paruh baya sejak, Selasa (9/4/2019) pekan lalu di Masjid Al-Amin Jalan Bintara Jaya III, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Beruntungnya, Anisa tidak mengalami tindak kekerasan selama lima hari bersama orang tak dikenalnya itu. 

"Alhamdulillah tidak ada luka, kemarin kan sempat saya cek saat ketemu, saya gendong mas tidak ada luka, yang ada dia masih kayak trauma, dia ketakutan banget," kata Nenek ANS, Sri Wahyuni (34).

Kata Sri, ANS juga merasa bahagia saat bertemu sang ibu, Aprilina Lestari (18) kemarin. Anisa sempat menangis sesegukan, begitu juga sang ibu.

"Nangis, dia (Anisa) nyamperin anak saya lari sambil terikan mamah. Anisa minta gendong enggak mau di turunin, sama polisi juga takut, trauma sepertinya dia," jelasnya.

Dalam kasus ini, Sri dan ibunda Anisa, Aprilina Lestari (18) sempat mencari Anisa di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang. Informasi itu didapatkan pihak keluarga dari laporan masyarakat.

Sejak Jumat (12/4/2019) Sri telah menyusuri wilayah Jelambar Jakarta Barat, Bintaro Jakarta Selatan hingga Ciledug Tangerang. Penelusuran setelah keluarga mendapatkan informasi dari masyarakat yang melihat ciri-ciri korban sesuai pamflet yang disebar.

Diketahui, Anisa sempat diculik oleh perempuan misterius saat sedang berada di Masjid Al Amin, Jalan Bintara Jaya III, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat. Aksi penculikkan itu yang dilakukan pelaku itu terekam kamera pengawas atau CCTV milik Masjid setempat.

Dalam rekaman CCTV, perempuan yang mengenakan jilbab itu sempat berinteraksi sekitar 15 menit, lalu membawa Anisa dengan menggendongnya