logo

Potong Rasio Kemacetan Kredit, bjb syariah Aplikasikan Strategi Khusus

Potong Rasio Kemacetan Kredit, bjb syariah Aplikasikan Strategi Khusus

15 April 2019 12:08 WIB

Penulis : Ahmad Syukri

SuaraKarya.id - BANDUNG: Usaha perbankan banyak sekali mendapat masalah kredit macet.  Tak bisa dipandang sebelah mata, kredit macet harus menjadi perhatian penting bagi sebuah bank. Jika kredit macet tidak bisa diselesaikan, lambat laun masalah ini bisa menghambat pertumbuhan perbankan.

 

Dalam rangka memotong rasio kemacetan kredit macet, bank bjb syariah mengaplikasikan sejumlah strategi khusus. Strategi ini dilakukan untuk mencegah maupun mendapatkan kembali dana pembiayaan dari nasabah kredit macet.

 

Untuk penarikan, bank bjb syariah melakukan sejumlah penyesuaian. Dalam rangka antisipasi bank pembangunan daerah pertama di Indonesia ini juga menerapkan prinsip prudential banking secara menyeluruh.

 

"Alhamdulillah (penurunan kredit macet) sangat drastis dari 2018 ke 2019. Kami bisa recovery pendapatan netto. Itu murni dari pengembalian dan beberapa juga dilakukan restrukturisasi," kata Kepala Cabang bank bjb syariah Pelajar Pejuang, Yusuf.

Sedangkan untuk rencana bisnis, bank bjb syariah menunjukkan potensi untuk terus tumbuh berkembang di tahun 2019. Selama 2018 hingga triwulan I tahun 2019. Bahkan BPD syariah pertama di Indonesia tersebut menargetkan pencapaian laba sebesar Rp50 miliar sepanjang tahun.

 

"Tahun 2019 kami menargetkan perolehan laba sebesar Rp50 miliar. Target ini terhitung realistis dengan rencana yang kami susun dan proyeksi pertumbuhan ekonomi ke depan," kata Direktur Utama bank bjb syariah, Indra Falatehan beberapa waktu lalu. *

Editor : Markon Piliang